Kompas.com - 08/04/2019, 17:07 WIB

KOMPAS.com – Pernahkah Anda membaca Moby Dick? Novel karya Herman Melville yang dipublikasikan pada 1851 tersebut menceritakan petualangan seorang pelaut dan kaptennya yang terobsesi untuk melampiaskan dendam kepada seekor paus putih bernama Moby Dick.

Moby Dick rupanya bukan sekadar imajinasi. Paus putih benar-benar ada di bumi, seperti yang tertangkap oleh kamera Manuel Gonzalez.

Gonzalez yang merupakan seorang pemandu wisata dan instruktur scuba menemukan paus tersebut ketika mengantar kliennya untuk menonton paus di pesisir barat Baja California, Meksiko. Paus albino ini tampak berwarna keabu-abuan.

Namun bila Moby Dick adalah paus sperma ganas yang menyerang manusia, paus albino yang ditemukan Gonzalez ini tampak tidak tertarik dengan para penonton manusianya.

Baca juga: Bisa Berjalan dan Berenang, Fosil Paus Berkaki Empat Ditemukan di Peru

Paus tersebut datang ke perairan Meksiko untuk musim kawin tahunannya, dan mungkin lebih tertarik untuk mencari paus lainnya.

Penemuan paus albino ini juga mengingatkan banyak orang akan Milk Gallon (Galon Susu), seekor paus albino yang ditemukan di pesisir Baja California pada 2008. Warnanya yang putih keabu-abuan membuatnya dijuluki demikian oleh para peneliti dalam laporan yang dipublikasikan pada 2017 di jurnal Aquatic Mammals.

Beberapa tahun sebelumnya, pada 2003, tim peneliti lain juga melaporkan adanya anak paus berwarna putih di perairan itu. Walaupun anak paus tersebut diduga Milk Gallon saat kecil, tidak ada foto atau video yang dapat membuktikannya.

Catatan ilmiah terakhir para peneliti menunjukkan bahwa Milk Gallon juga ditemukan di perairan yang sama pada 2016 ditemani seekor anak paus berwarna normal.

Nah, apakah paus yang ditemukan oleh Gonzalez ini Milk Gallon? Para peneliti belum bisa menjawabnya.

Berikut adalah video rekaman Gonzalez:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.