Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bak Legenda Moby Dick, Paus Putih Langka Tertangkap Kamera

Kompas.com - 08/04/2019, 17:07 WIB
Gloria Setyvani Putri,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pernahkah Anda membaca Moby Dick? Novel karya Herman Melville yang dipublikasikan pada 1851 tersebut menceritakan petualangan seorang pelaut dan kaptennya yang terobsesi untuk melampiaskan dendam kepada seekor paus putih bernama Moby Dick.

Moby Dick rupanya bukan sekadar imajinasi. Paus putih benar-benar ada di bumi, seperti yang tertangkap oleh kamera Manuel Gonzalez.

Gonzalez yang merupakan seorang pemandu wisata dan instruktur scuba menemukan paus tersebut ketika mengantar kliennya untuk menonton paus di pesisir barat Baja California, Meksiko. Paus albino ini tampak berwarna keabu-abuan.

Namun bila Moby Dick adalah paus sperma ganas yang menyerang manusia, paus albino yang ditemukan Gonzalez ini tampak tidak tertarik dengan para penonton manusianya.

Baca juga: Bisa Berjalan dan Berenang, Fosil Paus Berkaki Empat Ditemukan di Peru

Paus tersebut datang ke perairan Meksiko untuk musim kawin tahunannya, dan mungkin lebih tertarik untuk mencari paus lainnya.

Penemuan paus albino ini juga mengingatkan banyak orang akan Milk Gallon (Galon Susu), seekor paus albino yang ditemukan di pesisir Baja California pada 2008. Warnanya yang putih keabu-abuan membuatnya dijuluki demikian oleh para peneliti dalam laporan yang dipublikasikan pada 2017 di jurnal Aquatic Mammals.

Beberapa tahun sebelumnya, pada 2003, tim peneliti lain juga melaporkan adanya anak paus berwarna putih di perairan itu. Walaupun anak paus tersebut diduga Milk Gallon saat kecil, tidak ada foto atau video yang dapat membuktikannya.

Catatan ilmiah terakhir para peneliti menunjukkan bahwa Milk Gallon juga ditemukan di perairan yang sama pada 2016 ditemani seekor anak paus berwarna normal.

Nah, apakah paus yang ditemukan oleh Gonzalez ini Milk Gallon? Para peneliti belum bisa menjawabnya.

Berikut adalah video rekaman Gonzalez:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com