Pohon Tropis Tertinggi di Dunia ada di Malaysia, Ini Rupanya

Kompas.com - 07/04/2019, 19:35 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com – Sebuah pohon di hutan hujan Sabah, Malaysia yang diberi nama “Menara” dinobatkan sebagai pohon tropis tertinggi di dunia. Pohon tersebut juga diduga sebagai tanaman berbunga tertinggi dunia.

Menara merupakan anggota dari spesies pohon Meranti Kuning (Shorea faguetiana). Tingginya dari tanah ke pucuk ialah 100,8 meter atau lebih panjang dari ukuran minimum lapangan sepak bola taraf internasional.

Para peneliti menemukannya menggunakan teknologi laser yang disebut LIDAR (Light Detection and Ranging). Alat ini mengukur cahaya yang terpantul kembali ketika menabrak kanopi hutan dan tanah, untuk menciptakan peta topologi.

Setelah melihat peta, para peneliti secara langsung menemui Menara pada Agustus 2018. Mereka memindai pohon menggunakan laser untuk menciptakan foto 3D beresolusi tinggi dan mengambil fotonya dari atas.