Bak Petarung, Tikus Kanguru Tendang Ular Tepat di Kepala

Kompas.com - 05/04/2019, 12:32 WIB
Kanguru gurun mencoba kabur dari tangkapan ular dengan menendang tepat di kepala. Kanguru gurun mencoba kabur dari tangkapan ular dengan menendang tepat di kepala.

KOMPAS.com - Tikus kanguru gurun mungkin adalah pemegang sabuk hitam di antara para hewan pengerat.

Bagaimana tidak, sebuah kamera tersembunyi belum lama ini mengabadikan detik-detik saat kanguru gurun bertarung dengan ular. Tikus kanguru itu bak petarung Kung Fu jempolan yang dengan cepat dan gesit menendang ular dengan kaki mungilnya.

Para ilmuwan merekam 13 ular berbisa (Crotalus cerastes) ketika akan memangsa tikus kanguru gurun (Dipodomys deserti).

Baca juga: Memangsa atau Dimangsa, Laba-laba Ini Makan Ular Paling Mematikan

Sekitar 80 persen ular menjadi penyerang pertama, tapi 50 persen serangannya gagal. Hal ini tak lain karena kelincahan kanguru yang dengan tangkas meninju lawan.

Hal paling menarik adalah, kanguru gurun bisa menendang ular tepat di kepala sambil melompat tinggi dan memutar badan untuk menghindari serangan ular.

Ketika ada kanguru yang tertangkap, mereka kembali menendang ular dan mendorong reptil itu sampai terpelanting satu meter jauhnya.

Anda bisa melihat rekamannya dalam video di bawah ini.

Baca juga: Berukuran Sama Besar, Ular Berbisa Menelan Ular Lain di Australia

Dalam laporan yang terbit di Biological Journal of Linnean Society, para ilmuwan menganalisis perilaku tikus kanguru menunjukkan bahwa mereka manuver. Mereka sangat peka dan sadar akan arah datangnya serangan ular.

Melansir Science Magazine, Jumat (29/3/2019), evolusi yang panjang bisa membuat tikus kanguru gurun sulit dikalahkan. Khususnya dengan kaki panjangnya yang kuat dan keahlian menggagalkan serangan predator. Mungkin juga kanguru gurun bakal jadi penerus Bruce Lee di dunia hewan.


Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X