Menjanjikan, “Bedah Molekuler” Bisa Ubah Bentuk Wajah Tanpa Sayatan

Kompas.com - 05/04/2019, 07:05 WIB
Teknik baru yang noninvasif ini bisa mengubah bentuk jaringan tanpa sayatan. Rachel Qu, Anna Stokolosa, Charlotte CullipTeknik baru yang noninvasif ini bisa mengubah bentuk jaringan tanpa sayatan.

KOMPAS.com – Tentunya, Anda sudah tidak asing lagi dengan bedah plastik. Namun, sudahkah Anda mendengar tentang “bedah molekuler”?

Para peneliti baru saja memperkenalkan bedah molekuler dalam  American Chemical Society (ACS) Spring 2019 National Meeting & Exposition. Teknik tersebut digadang-gadang akan bisa menyaingi teknik bedah plastik tradisional.

“Kami membayangkan teknik baru ini sebagai prosedur rendah biaya yang bisa dilakukan dengan anestesi lokal. Secara total, prosesnya butuh waktu lima menit,” ujar Michael Hill, PhD, salah satu peneliti utama studi, seperti dilansir dari Phys.Org, Selasa (2/4/2019).

Pada intinya, bedah molekuler menggunakan jarum-jarum kecil, aliran listrik dan cetakan tiga dimensi untuk membentuk ulang jaringan hidup dengan cepat. Proses ini tidak menggunakan sayatan sama sekali sehingga tidak akan meninggalkan bekas luka dan tidak memerlukan waktu pemulihan.