Ahli Ungkap Perilaku Berburu Hiu Lewat Kamera Tersembunyi

Kompas.com - 03/04/2019, 12:37 WIB
Ilustrasi hiu putih besar (Carcharodon carcharias) Ilustrasi hiu putih besar (Carcharodon carcharias)

KOMPAS.com - Para ilmuwan memasang kamera pada tubuh hiu untuk mengamati bagaimana mereka melakukan perburuan di dasar laut.

Dibandingkan dengan hewan darat, mempelajari perilaku mamalia laut lebih sulit dilakukan.

Untuk itulah, para ilmuwan memancing hiu putih untuk mendekati kapal penelitian sehingga ahli bisa memasang kamera dengan sensor gerak ke tubuh hiu.

Dengan cara ini, ahli bisa mendapat gambaran terperinci saat hiu putih menavigasi hutan rumput laut di lepas pantai Afrika Selatan untuk berburu anjing laut.

Baca juga: Tragis, Hiu Putih yang Hamil 14 Bayi Dibunuh dan Dijual Nelayan Taiwan

Penelitian sebelumnya menunjukkan hiu menyergap anjing laut saat matahari terbenam, ketika mereka kembali dari darat ke laut.

Namun perilaku hiu dan anjing laut yang menghuni perairan Cagar Alam Pulau Dyer di ujung selatan Afrika berbeda dan unik.

Menurut laporan yang terbit di jurnal Biology Letters, anjing laut di Afrika Selatan muncul di siang hari. Hal ini diyakini karena anjing laut dapat bersembunyi dari predator di rumput laut.

Rekaman aktivitas hiu selama 28 jam menunjukkan bagaimana mamalia besar berukuran 2,75 sampai 3,65 meter bergerak melintasi hutan rumput laut lebat untuk mengejar mangsa mereka.

Para ahli mencatat, kapan anjing laut muncul dan hiu mulai bergerak dari celah kecil rumput laut. Total ada tujuh hiu bergerak ke area rumput laut yang rimbun.

Sementara anjing laut bereaksi terhadap hiu yang mendekat dengan bersembunyi di antara rerumputan, membuat gelembung, atau berenang mendekati dasar laut.

Oliver Jewell, seorang ahli kelautan dari Universitas Murdoch berkata, rumput laut sebelumnya dianggap sebagai penghalang bagi hiu putih.