Pimpinan NASA: Manusia Pertama di Mars "Kemungkinan Besar" Perempuan

Kompas.com - 16/03/2019, 18:02 WIB
Ilustrasi astronot melakukan spacewalk Ilustrasi astronot melakukan spacewalk

KOMPAS.com - Pimpinan Badan Antariksa AS ( NASA) baru-baru ini memberi sinyal bahwa manusia pertama yang meningjakkan kaki di Mars kemungkinan besar adalah perempuan.

Hal ini diungkapkan oleh Jim Bridenstine ketika menjadi tamu dalam acara radio sains dan teknologi "Science Friday". Dia sempat bergurau bahwa perempuan akan membawa warisan Neil Armstrong ketika manusia pertama kali pergi ke planet merah.

Terlepas siapa yang akan pertama kali mengginjakkan kaki di tetangga Bumi itu, Bridenstine mengatakan bahwa NASA benar-benar melibatkan perempuan dalam perjalanan NASA berikutnya ke Bulan.

"NASA berkomitmen untuk memastikan kami memiliki orang-orang dengan bakat yang luas dan beragam serta kami menantikan perempuan pertama di Bulan," ungkapnya dikutip dari The Independent, Rabu (13/03/2019).

Baca juga: Elon Musk Sebut Kemungkinan Penduduk Pertama Mars adalah AI

Dia juga mengungkapkan, tujuan jangka pendek NASA adalah untuk membawa astronot kembali ke bulan. Tak hanya itu, NASA sedang berencana membangun pangkalan permanen di satelit bumi tersebut untuk pertama kali dalam sejarah manusia.

"Kami akan pergi ke Bulan dengan teknologi dan sistem baru yang inovatif untuk menjelajahi lebih banyak lokasi di permukaan dibanding yang pernah dibayangkan. Kali ini, ketika kami pergi ke Bulan, kami akan tinggal," ujarnya.

Dalam upaya membaya manusia menjelajahi Bulan dan Mars, NASA telah menunjukkan kerja sama dengan beberapa perusahaan swasta.

Pihak NASA menegaskan, beberapa tantangan paling mendesak untuk dipecahkan sebelum pergi ke Mars adalah memahami bagaimana manusia beradaptasi hidup di luar angkasa dan masalah sampah yang mungkin terjadi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X