Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kali Pertama, NASA Siapkan "Spacewalk" dengan Seluruh Kru Perempuan

Kompas.com - 06/03/2019, 18:33 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

KOMPAS.com - Badan Antariksa AS (NASA) kembali mengumumkan akan segera menyiapkan spacewalk para astronotnya. Istimewanya, spacewalk kali ini akan dilakukan seluruhnya oleh para astronot perempuan tepat di bulan perayaan Hari Perempuan Internasional.

Sebagai informasi, spacewalk adalah kagiatan berjalan di luar angkasa tanpa pesawat.

Sebenarnya, ini bukan kali pertama astronot perempuan melakukan spacewalk. Pada 1984, kosmonot Soviet bernama Svetlana Savitskaya menjadi perempuan pertama yang berjalan di luar angkasa.

Setelah bertahun-tahun, kegiatan ini selalu dilakukan astronot pria. Tapi 29 Maret mendatang, astronot NASA Anne McClain dan Christina Koch yang akan melakukannya.

Baca juga: Kisah Tegang Di Balik Sejarah Kosmonot Pertama yang Lakukan Spacewalk

Kedua astronot perempuan itu akan melakukan spacewalk sebagai awak dari Ekspedisi 59 di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Mereka tidak akan sendiri. Di belakang konsol pusat kendali NASA, mereka akan ditemani oleh pengontrol Badan Antariksa Kanada bernama Kristen Facciol.

Kabar bahwa semua kru yang terlibat dalam spacewalk 29 Maret 2019 nanti adalah perempuan datang dari kicauan Facciol melalui akun twitternya.

"Saya baru saja tahu bahwa saya akan berada di konsool memberikan dukungan untuk SPACEWALK YANG SELURUH KRUNYA PEREMPUAN PERTAMA di dunia dengan @AstroAnnimal dan @Astro_Christina dan saya tidak bisa menahan kegembiraan saya!!!" tulis Facciol dalam cuitannya.

Melansir dari The Independent, Rabu (06/03/2019), juru bicara NASA membenarkan kabar ini. Dia juga mengatakan bahwa misi ini akan menjadi salah satu dari tiga operasi yang dijadwalkan akan dilakukan setelah ISS memiliki 6 astronot.

Saat ini, di ISS telah ada tiga astronot yang bertugas. Selanjutnya, 14 Maret 2019 kapsul luar angkasa Soyuz akan membawa kosmonot Alexey Ovchinin, astronot NASA NIck Hague, dan Christina Koch ke ISS.

Juru bicara tersebut juga menyebut bahwa memang keren memikirkan bahwa seluruh kru misi spacewalk mendatang adalah perempuan. Meski demikian, sebenarnya hal ini tidak dibuat secara sengaja.

Nantinya, misi ini akan berfokus untuk melakukan penggantian baterai ISS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com