Kompas.com - 14/03/2019, 18:53 WIB

KOMPAS.com - Beras merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia. Selain dimasak jadi nasi, air rebusan beras ternyata memiliki banyak nutrisi, seperti magnesium, kalium, natrium, protein, fosfor, serat, zat besi, kalsium, folat, karbohidrat, dan berbagai vitamin B.

Nah, sejak dulu banyak orangtua yang sengaja memberikan air rebusan beras untuk menyapih atau memperkenalkan bayi pada makanan padat, seperti bubur atau nasi.

Meski sudah diterapkan dari generasi ke generasi, Anda patut tahu manfaat air tajin sebelum memberikannya pada bayi.

1. Mengobati Diare

Diare sangat umum terjadi pada bayi. Penyakit ini terjadi akibat usus bergerak secara berlebihan dan menyebabkan bayi terus buang air hingga lebih dari 4 atau 6 kali sehari.

Baca juga: Rapor Indonesia untuk Kematian Ibu dan Bayi Jeblok, Ini 7 Faktanya

Jika tidak diatasi, diare dapat menyebabkan bayi dehidrasi dan lemah. Nah, salah satu obat alami untuk mengatasi diare pada bayi adalah air tajin.

Air rebusan beras ini mengandung serat, natrium, dan karbohidrat yang mampu mengurangi gerakan usus.

Selain itu, nutrisi tersebut juga dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang sehingga mencegah dehidrasi. Berkurangnya gerakan usus dan tergantinya asupan cairan tubuh bayi inilah yang membuat gejala diare jadi lebih ringan dan ia kembali bertenaga.

Manfaat air tajin untuk mengatasi diare pada bayi memang disetujui dan direkomendasikan WHO sekitar tahun 1990-an.

Namun, air rebusan beras ini tidak digunakan sebagai perawatan tunggal saja.
Ditambah lagi, air rebusan beras juga terbilang kuno dan lebih disulit dibuat ketimbang oralit yang terbukti lebih manjur untuk mengatasi diare.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.