Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bak Lukisan, Begini Penampilan Awan di Planet Jupiter

Kompas.com - 27/02/2019, 21:28 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

KOMPAS.com - Badan Antariksa AS (NASA) baru-baru ini membagikan foto atmosfer planet Jupiter. Foto tersebut diambil oleh wahana antarika Juno yang mengorbit pada planet terbesar di tata surya ini.

Gambar yang dibagikan tersebut bak lukisan. Terlihat awan Jupiter yang berputar dengan indah hingga Anda bisa menatap lama dan tidak bosan.

Saking indahnya foto yang diambil oleh Juno tersebut, NASA bahkan menamai gambar ini dengan "Dramatic Jupiter".

"Fitur atmosfer dramatid di belahan utara Jupiter ditangkap dalam pandangan ini dari pesawat ruang angkasa Juno milik NASA," tulis pihak NASA dalam laman resmi mereka, Jumat (22/02/2019).

Baca juga: Eksplorasi Jupiter, Ilmuwan Siap Luncurkan Wahana ke Europa pada 2023

"Perspektif baru menunjukkan awan yang berputar-putar mengelilingi fitur melingkar dalam wilayah aliran jet yang disebut 'jet N6'," sambung mereka.

Juno mengambil gambar ini pada 12 Februari 2019 lalu. Wahana ini memotret pada jarak 13.000 km di atas awan.

Meski begitu, jarak ini masih cukup dekat untuk menangkap detail putaran awan Jupiter yang indah.

Juno sendiri adalah misi NASA yang tidak biasa. Pasalnya, meski membawa kamera, tidak ada tim pencitraan khusus yang menguraikan dan memproses apa yang dilihat kamera.

Dilansir dari Space.com, Selasa (26/02/2019), hal ini menarik tim amatir yang terampil untuk membantu membentuk dan menampilkan foto-foto dari data Juno dalam visual yang artistik. Foto ini adalah salah satu karya mereka.

"Ilmuwan amatir Kevin M. Gill menciptakan gambar ini menggunakan data dari pencitraan JunoCam dari pesawat ruang angkasa. Gambar ini telah diputar 100 derajat ke kanan," tulis NASA.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com