Rekaman Robot InSight: Begini Suara Angin di Planet Mars

Kompas.com - 09/12/2018, 18:33 WIB
Ilustrasi misi InSight yang akan segera diluncurkan ke Mars oleh NASA. Misi ini akan mengeksplor bagian dalam perut Mars. Ilustrasi misi InSight yang akan segera diluncurkan ke Mars oleh NASA. Misi ini akan mengeksplor bagian dalam perut Mars.

KOMPAS.com - Robot penjelajah Mars milik Bdan Antariksa AS ( NASA), InSight, baru-baru ini berhasil menangkap "suara" dari angin di planet Merah itu.

Suara tersebut bisa terekam berkat instrumen seismometer buatan Inggris yang dibawa olah InSight.

Perangkat ini berhasil mendeteksi getaran dari udara Mars saat melesat di atas panel surya milik robot tersebut.

"Panel surya di sisi robot pendarat ini merupakan penerima akustik yang sempurna," ungkap Profesor Tom Pike, pemimpin penelitian ini dikutip dari BBC, Jumat (07/12/2018).

"Ini seperti InSight sedang menangkupkan telinganya," imbuh profesor dari Imperial College London tersebut.

Profesor Pike mengumpamakan getaran ini dengan bendera yang tertiup angin. Ketika benda "memecah" angin, itu akan menciptkan osilasi dalam frekuensi yang telinga manusia menangkapnya sebagai suara kepakan.

Baca juga: InSight, Robot Geologi NASA Siap Meluncur ke Mars Hari Ini

Setelah menerima hasil rekaman suara angin Mars ini, para ilmuwan memperkirakan udara bergerak dengan kecepatan lima hingga 7 meter per detik dari arah barat laut ke tenggara.

Analisis itu cocok dengan gambar setelit yang menunjukkan jejak yang tertinggal di debu Mars.

Rekaman suara angin Mars ini diunggah dalam video baru oleh Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA.

Merangkum dari BGR, Jumat (07/12/2018), sayangnya, nada suara angin Mars ini sangat rendah dan hampir tak bisa didengar kecuali Anda memiliki headphone dab volume yang tinggi.

Namun, jangan khawatir, dengan filter yang menaikkan nada suara sekitar dua oktaf membuat rekaman ini lebih mudah didengar.

Agar lebih jelas, NASA juga mencoba mengukur tekanan udara dan merekam hembusan yang sama menggunakan instrumen terpisah dari InSight. Hasilnya kemudian dipercepat dan difilter agar lebih mudah didengar oleh telinga manusia.

"Mendapatkan data pertama dari paket istrumen seismometer (pada InSight) merupakan hal yang fantastis dan bahkan tes analisis singkat telah dijalankan," ujar Dr Neil Bowles, co-investigator data tersebut.

"Untuk 'mendengar' suara bergetar rendah dari angin Mars pada robot pendarat InSight yang diambil benar-benar manakutkan dan memberikan hubungan aneg manusia ke lingkungan yang sangat berbeda," imbuh peneliti dari Universitas Oxford itu.




Close Ads X