Robot Israel akan Sampai Bulan dengan "Membonceng" Satelit Indonesia

Kompas.com - 22/02/2019, 13:46 WIB
Falcon 9 milik SpaceX membawa satelit Nusantara Satu milik Indonesia meluncur ke orbit pada Jumat (22/2/2019) pukul 8.45 WIB. Falcon 9 milik SpaceX membawa satelit Nusantara Satu milik Indonesia meluncur ke orbit pada Jumat (22/2/2019) pukul 8.45 WIB.

KOMPAS.com - Satelit komunikasi baru bernama Nusantara Satu dari perusahaan penyedia jasa telekomunikasi Indonesia, PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN), diluncurkan ke orbit pagi tadi dengan menggunakan roket Falcon 9 milik SpaceX.

Dilansir Fast Company, Kamis (21/2/2019), Nusantara Satu diharapkan dapat digunakan untuk meningkatkan konektivitas internet di seluruh kepulauan Indonesia.

Selain membawa satelit penting dari Indonesia, Falcon 9 juga membawa pesawat ruang angkasa S5 Air Force Research Laboratory (AFRL) yang dikembangkan dan diintegrasikan oleh Blue Canyon Technologies yang bakal menjalankan misi satu tahun.

Baca juga: SpaceX Luncurkan 10 Satelit Komunikasi Iridium

Selain AFRL, pesawat ruang angkasa milik Badan Antariksa Israel (SpaceIL) yang akan menjelajah bulan, Baresheet, juga ikut menumpang perjalanan satelit Nusantara Satu.

Seperti diberitakan sebelumnya, Baresheet akan melakukan perjalanan singkat selama dua bulan. Ini adalah pesawat ruang angkasa yang dibuat untuk memenangkan kompetisi Google Lunar Xprizr dan didanai swasta.

Beresheet, pesawat ruang angkasa teringan dan termurah yang disiapkan Israel untuk menjelajah bulan. Beresheet, pesawat ruang angkasa teringan dan termurah yang disiapkan Israel untuk menjelajah bulan.
Baresheet merupakan pesawat ruang angkasa terkecil yang pernah mendarat di bulan, beratnya hanya sekitar 600 kilogram.

Setelah mendarat, Baresheet akan langsung mengirim foto dan video dari Bulan dan melakukan pengukuran ilmiah.

Falcon 9 SpaceX lepas landas pada Kamis (21/2/2019) pukul 20.45 waktu EST atau Jumat (22/2/2019) pukul 8.45 WIB dari stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral.

Baca juga: Israel Bakal Jadi Negara Keempat yang Menginjakkan Kaki di Bulan

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X