Kompas.com - 21/02/2019, 19:34 WIB
Peta semesta terbaru menggunakan teleskop LOFAR Peta semesta terbaru menggunakan teleskop LOFAR

KOMPAS.com - Para astronom dunia baru saja membagikan peta alam semesta terbaru. Peta tersebut menunjukkan ratuan ribu galaksi yang sebelumnya tidak diketahui.

Peta ini dibuat oleh sebuah tim internasional yang terdiri lebih dari 200 astrono. Mereka membagikan survei radio besar baru dari seluruh langit.

Mereka melihat alam semesta menggunakan teleskop Frekuensi Rendah (LOFAR), sebuah jaringan teleskop radio besar yang berlokasi di Belanda.

Hasilnya, para astronom itu menemukan 300.000 galaksi yang belum pernah diketahui sebelumnya. Tapi, yang lebih menakjubkan adalah mereka baru mengamati 2 persen langit malam di Belahan Bumi Utara.

Baca juga: Teleskop James Webb NASA Bakal Ubah Cara Manusia Memandang Semesta

"Ini adalah jenela baru di alam semesta," ungkap Cyril Tasse, salah satu astronom yang terlibat dalam proyek ini dikutip dari AFP, Rabu (20/02/2019).

"Ketika kami melihat gambar pertama, kami mengatakan: 'Apa ini?!' Sama sekali tidak seperti yang biasa kita lihat," imbuhnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Gambar baru itu berbeda dengan peta semesta sebelumnya. Itu karena cara LOFAR dalam mendeteksi obyek.

Berbeda dengan teleskop optik yang mengandalkan cahaya, LOFAR mengamati langit pada frekuensi radio rendah yang sangat sensitif.

Sinyal radio yang diambil di peta baru telah melakukan perjalanan lebih dari milyaran tahun cahaya sebelum tiba kambali di Bumi dan didaftarkan dalam penelitian baru.

Secara keseluruhan, peta baru ini dapat membantu para peneliti mengungkap misteri di balik beberapa bagian teraneh di alam semesta. Misalnya saja, membantu melacak lokasi awal lubang hitam dan bagaimana cara mereka "makan".

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.