Kompas.com - 19/02/2019, 19:22 WIB
Hiu putih besar terlihat di perairan dekat Pulau Guadalupe di lepas pantai Meksiko pada foto selebaran 2012 yang diperoleh Reuters 18 Februari 2019. Reuters/Byron Dilkes/Danah DiversHiu putih besar terlihat di perairan dekat Pulau Guadalupe di lepas pantai Meksiko pada foto selebaran 2012 yang diperoleh Reuters 18 Februari 2019.

KOMPAS.com - Hiu putih atau Carcharodon carcharias merupakan salah satu predator paling menakutkan di lautan. Hewan ini juga dikenal memiliki gen untuk menyembuhkan luka dan anti-kanker.

Dilansir dari Reuters, para ilmuwan mengatakan bahwa mereka telah melakukan beberapa penelitian, seperti menjabarkan genom ikan pemangsa terbesar di bumi ini, serta mendeteksi berbagai sifat genetik hiu putih.

Dari penemuan sifat genetik ini membantu menjelaskan keberhasilan evolusi, termasuk adaptasi molekuler untuk meningkatkan penyembuhan luka dan stabilitas genom seperti perbaikan DNA dan toleransi kerusakan DNA.

Perlu diketahui, hiu putih memiliki genom hingga 1,5 kali lebih besar dari genom manusia.

Secara teori, genom besar dengan banyak DNA berulang, seperti yang dimiliki hiu putih ini, dianggap rentan terhadap kerusakan akumulasi mutasi secara rutin.

Namun, berkat adaptasi pada gen dalam hewan ini, hiu putih tidak mengalami kerusakan tersebut.

"Pengetahuan ini, selain memberikan pemahaman tentang bagaimana hiu bekerja di tingkat paling mendasar, gen mereka, juga memberikan pemahaman untuk pengobatan manusia, seperti memerangi kanker dan penyakit usia yang dihasilkan dari ketidakstabilan genom," ujar Direktur Pusat Penelitian Hiu Yayasan Save Our Seas dan Guy Harvey Research Institute di Florida, Mahmood Shiviji pada Selasa (19/2/2019).