Kompas.com - 19/02/2019, 19:22 WIB
Hiu putih besar terlihat di perairan dekat Pulau Guadalupe di lepas pantai Meksiko pada foto selebaran 2012 yang diperoleh Reuters 18 Februari 2019. Reuters/Byron Dilkes/Danah DiversHiu putih besar terlihat di perairan dekat Pulau Guadalupe di lepas pantai Meksiko pada foto selebaran 2012 yang diperoleh Reuters 18 Februari 2019.

KOMPAS.com - Hiu putih atau Carcharodon carcharias merupakan salah satu predator paling menakutkan di lautan. Hewan ini juga dikenal memiliki gen untuk menyembuhkan luka dan anti-kanker.

Dilansir dari Reuters, para ilmuwan mengatakan bahwa mereka telah melakukan beberapa penelitian, seperti menjabarkan genom ikan pemangsa terbesar di bumi ini, serta mendeteksi berbagai sifat genetik hiu putih.

Dari penemuan sifat genetik ini membantu menjelaskan keberhasilan evolusi, termasuk adaptasi molekuler untuk meningkatkan penyembuhan luka dan stabilitas genom seperti perbaikan DNA dan toleransi kerusakan DNA.

Perlu diketahui, hiu putih memiliki genom hingga 1,5 kali lebih besar dari genom manusia.

Secara teori, genom besar dengan banyak DNA berulang, seperti yang dimiliki hiu putih ini, dianggap rentan terhadap kerusakan akumulasi mutasi secara rutin.

Namun, berkat adaptasi pada gen dalam hewan ini, hiu putih tidak mengalami kerusakan tersebut.

"Pengetahuan ini, selain memberikan pemahaman tentang bagaimana hiu bekerja di tingkat paling mendasar, gen mereka, juga memberikan pemahaman untuk pengobatan manusia, seperti memerangi kanker dan penyakit usia yang dihasilkan dari ketidakstabilan genom," ujar Direktur Pusat Penelitian Hiu Yayasan Save Our Seas dan Guy Harvey Research Institute di Florida, Mahmood Shiviji pada Selasa (19/2/2019).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Peneliti Temukan Sarang Misterius Hiu Putih Besar

Adaptasi genetik dalam hiu putih ini berperan mendasar dalam penyembuhan luka.

"Adaptasi dan pengayaan gen penyembuhan luka diduga mendasari kemampuan hiu putih untuk sembuh dari lukanya dengan sangat efektif," ujar salah satu pimpinan peneliti dari Cornell University, Michael Stanhope.

Selain itu, hiu putih memiliki ukuran tubuh dan rahang yang besar dan tangguh. Hal inilah yang menjadikan hiu putih terlihat menyeramkan dalam sejumlah film.

Halaman:


Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.