Populasi Hiu Putih di AS Meningkat, Ini Pelajaran yang Bisa KIta Ambil

Kompas.com - 17/08/2018, 12:48 WIB
Hiu putih raksasa (Carcharodon carcharias) Wikimedia CommonsHiu putih raksasa (Carcharodon carcharias)

KOMPAS.com - Populasi hiu putih besar dikabarkan sedang meningkat, khususnya di Massachusetts, negara bagian AS.

Banyak orang sudah melihat atau bersinggungan langsung dengan hiu putih ini. Misalnya, musim panas lalu seekor hiu putih dikabarkan menyerang pendayung, kemudian minggu lalu dua pantai Cape Cod terpaksa ditutup karena seorang pakar melihat seekor hiu putih berenang ke arah lepas pantai, dan pada Rabu kemarin kaki seorang pria dikabarkan digigit hiu saat ia sedang berenang di lepas pantai.

Menurut Gavin Naylor, direktur Program Florida untuk Penelitian Hiu di Museum Sejarah Alam Florida, pertemuan antara hiu dan manusia lebih sering terjadi karena populasi anjing laut juga sedang berkembang pesat di daerah pesisir.

Mamalia laut ini berenang mendekati bibir pantai, tempat anjing laut berkumpul dan berjemur di bebatuan Cape Cod.

Baca juga: The Meg: Bagaimana Ahli Yakin Hiu Raksasa Ini Sudah Punah?

Naylor menambahkan, pertemuan antara predator laut dengan manusia sebenarnya terbilang langka.

Menurut International Shark Attack File, manusia lebih berpeluang besar tersambar petir dibanding diserang hiu.

Data antara tahun 1959 sampai 2010 menunjukkan, ada 26 korban jiwa yang meninggal karena serangan hiu dan 1.970 korban jiwa yang meninggal karena tersambar petir.

Sejauh itu, hanya ada empat serangan hiu tak beralasan yang didokumentasikan di Massachusetts oleh International Shark Attack File.

Penelitian yang dilakukan Divisi Perikanan Laut Massachusetts mengungkap bahwa populasi hiu regional sudah meningkat sejak mereka memulai studi di tahun 2014.

Para ilmuwan menghitung hiu lewat drone yang terbang di dekat pantai. Di tahun 2016, mereka melihat 147 hiu putih besar, angka ini melonjak tajam dibanding data tahun 2014 yang hanya terlihat 80 hiu.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Newsweek
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X