Kompas.com - 17/02/2019, 21:07 WIB
Capres nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) berjabat tangan dengan Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto (kanan) disaksikan Ketua KPU Arief Budiman (tengah) saat debat capres 2019 putaran kedua di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019). Debat kedua yang hanya diikuti capres tanpa wapresnya itu mengangkat tema energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww. AKBAR NUGROHO GUMAYCapres nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) berjabat tangan dengan Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto (kanan) disaksikan Ketua KPU Arief Budiman (tengah) saat debat capres 2019 putaran kedua di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019). Debat kedua yang hanya diikuti capres tanpa wapresnya itu mengangkat tema energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww.


KOMPAS.com - Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo mengaku untuk menghadapi revolusi industri 4.0 dapat ditangani dengan mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM).

Khususnya mengenalkan petani ke sistem marketplace agar bisa berjualan online dan meningkatkan pemasukan petani.

Baca juga: Kasus Kebakaran Hutan dalam 3 Tahun Terakhir, Tak seperti Klaim Jokowi

"Revolusi Industri 4.0 keluar dengan kecepatan sangat tinggi, robotik semua keluar, saya yakin dengan pembangunan SDM kita akan mempersiapkan bangsa dalam industri 4.0," kata Jokowi dalam debat capres kedua, Minggu (17/2/2019).

Dalam kesempatan itu Jokowi merencanakan akan memperkenalkan petani dengan  marketplace agar bisa berjualan secara online.

"Menyiapkan usaha kecil, mikro, supermikro, untuk membangun usaha online. Ini yang terus dikerjakan di lapangan sehingga tidak ketinggalan dengan negara lain," ungkapnya.

"Kalau saya melihat dengan pembangunan SDM yang tadi saya katakan, saya optimis (dapat berhasil dalam revolusi industri 4.0),". tutupnya di segmen tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Prabowo Bahas Kenaikan Gaji ASN saat Debat, Benarkah Uang Solusinya?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.