Peneliti Ungkap Alasan Kurang Tidur Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung

Kompas.com - 16/02/2019, 20:05 WIB
Ilustrasi sulit tidur amenic181Ilustrasi sulit tidur

KOMPAS.com - Berdasarkan Pusat Pengendalian dan Pencegahan (CDC), sejumlah penelitian mengaitkan tidak cukup tidur dengan risiko masalah jantung, termasuk tekanan darah tinggi, dan stroke. Namun, alasan biologis yang mendasarinya belum jelas.

Kini sebuah penelitian baru mengungkap mengapa kualitas tidur yang buruk dapat berimbas pada jantung dan pembuluh darah.

Dalam studi baru tersebut, para peneliti mengamati tikus yang secara genetik rentan terhadap aterosklerosis atau pengerasan pembuluh darah karena penumpukan plak.

Kelompok tikus dipecah menjadi dua. Kelompok pertama berisi tikus yang dibiarkan tidur dalam waktu yang cukup, sedangkan kelompok kedua berisi tikus yang ketika tidur 'diganggu' dengan alat yang bergerak secara otomatis melintasi bagian bawah kandang.