Kompas.com - 01/02/2019, 18:37 WIB
Tupai terbang New World (Glaucomys) bisa berubah warna menjadi merah muda saat di bawah sinar UV. Tupai terbang New World (Glaucomys) bisa berubah warna menjadi merah muda saat di bawah sinar UV.

KOMPAS.com - Tupai berwarna merah mudah bukan lagi fiksi atau khayalan. Nyatanya mereka benar-benar ada dan hidup di Amerika.

Secara kasat mata tupai terbang dari Amerika Utara berwujud seperti tupai pada umumnya. Namun kalau mereka disinari ultraviolet, kita akan melihat seluruh tubuh tupai berubah menjadi magenta.

Dalam laporan yang terbit di jurnal Mammalogy, temuan aneh ini didapat secara tidak sengaja.

"Suatu malam saya mendengar suara ribut di wadah pangan burung. Saat saya mengarahkan sinar (UV) ke arahnya, itu adalah tupai dengan warna merah muda," kata Jon Martin, seorang profesor dari Northland College di Wisconsin.

Baca juga: Tupai Dada Besar yang Viral di Jepang Bukan Punya Payudara, tapi Lemak

Melansir Newsweek, Rabu (30/1/2019), Martin mengajak mahasiswanya Allie Kohler untuk menyelidiki perubahan warna aneh itu.

Dari 135 spesimen tupai museum yang diteliti, tim ahli hanya menemukan tupai terbang New World dari genus Glaucomys yang bisa berubah warna jadi merah muda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara tupai lain seperti tupai abu-abu timur (Sciurus carolinensis), tupai rubah (Sciurus niger), dan tupai merah Amerika (Tamiasciurus hudsonicus) tak mengalami perubahan warna.

Tupai terbang dari genus Glaucomys ini hidup di hutan-hutan Amerika, dari Honduras di Amerika Tengah sampai Alaska, negara bagian AS.

Andai sepanjang hutan itu disinari ultraviolet, mungkin kita akan melihat ratusan makhluk merah muda melompat dari satu pohon ke pohon lain.

Hingga saat ini para ahli tidak mengetahui mengapa mereka bisa mengubah warna bulu saat ada di bawah sinar UV.

Halaman:


Sumber Newsweek
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.