Kompas.com - 18/09/2018, 19:34 WIB
Lima ekor tupai di Wisconsin mengalami ekor kusut Lima ekor tupai di Wisconsin mengalami ekor kusut

WISCONSIN, KOMPAS.com - Pernahkah Anda mengalami rambut kusut? Bagi yang pernah mengalaminya tentu tahu sulitnya merapikan rambut tersebut.

Mungkin ini juga yang dirasakan oleh lima ekor tupai abu-abu di Wisconsin, AS. Namun bukan rambut yang kusut, melainkan kelima ekor tupai tersebut.

Ekor kelimanya menyatu setelah terjerat dengan rumput dan strip plastik yang digunakan induk mereka saat membangun sarang keluarga.

Kejadian langka ini kemudian mendapat perhatian dari pusat margasatwa AS.

Untuk memisahkan mereka, Pusat Rehabilitasi Satwa Liar Wisconsin Humane Society melakukan pemotongan dengan gunting. Tapi tentu saja hal ini dilakukan setelah kelima tupai muda itu dibius.

Langkah ini diambil mengingat fungsi penting ekor tupai. Sebagai informasi, tupai membutuhkan ekor mereka untuk keseimbangan dan kehangatan.

"Anda bisa membayangkan bagaimana goyah dan kacaunya tupai yang ketakutan dan tertekan ini, jadi langkah pertama kami adalah membius mereka berlima pada saat yang sama," ungkap Pusat Rehabilitasi tersebut dikutip dari BBC, Senin (17/09/2018).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Setelah itu selesai, kami mulai bekerja untuk mengungkap 'Simpul Gordian' (istilah untuk menggambarkan simpul yang rumit dan sulit diurai) dari ekor dan material sarang yang sangat kusut," sambung mereka.

Kesulitan dalam mengurai kekusutan ekor tersebut juga karena tingkat kerusakan jaringan ekor kelimanya.

Baca juga: Selain Manusia, Tupai Ini Satu-satunya Mamalia Penyuka Cabai

"Tidak mungkin untuk mengetahui ekor siapa, dan kami semakin prihatin karena mereka semua menderita berbagai tingkay kerusakan jaringan pada ekor yang disebabkan oleh gangguan peredaran darah," jelas lembaga tersebut.

Meski tidak sempurna, ekor kelima tupai muda itu berhasil dipisahkan dari rumput dan plastik dalam waktu 20 menit.



Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X