Dari Melahirkan sampai Bertambang, 5 Ambisi Manusia di Luar Angkasa

Kompas.com - 26/01/2019, 19:08 WIB
Ilustrasi asteroid Chariklo ESO/L. Calçada/Nick Risinger (skysurvey.org)Ilustrasi asteroid Chariklo

KOMPAS.com — Ambisi manusia tak lagi sebatas menjelajah Bumi. Suatu saat, manusia memimpikan bisa mengeksplorasi dunia lain, yaitu luar angkasa.

Perlahan, keinginan ini mulai dimulai diwujudkan, seperti misi pendaratan manusia di Bulan atau pengiriman wahana antariksa di planet-planet lain. Namun, selain itu sudah ada sederet ambisi lain yang ingin segera direalisasikan. 

Bercocok Tanam di Bulan

Usaha untuk menumbuhkan tanaman di luar angkasa terus dilakukan. Ambisi ini bukannya tanpa alasan, tanaman merupakan salah satu sumber makanan yang akan mendukung kehidupan manusia ketika pindah ke dunia lain.

Pada awal tahun ini, China melakukan misi pertama mendaratkan wahana untuk menjelajahi sisi jauh bulan.

Tidak hanya itu saja, dalam misi tersebut mereka juga melakukan eksperimen lainnya yakni membawa serta bibit tanaman seperti kapas, lobak, kentang, dan cress rock (tanaman berbunga dari keluarga mustard).

Benih ditempatkan pada biosfer mini berupa tabung logam tertutup dan sempat berkecambah. Sayangnya, benih tersebut tak bisa bertahan. Beberapa hari kemudian, Badan Antariksa Nasional China (CNSA) mengumumkan bahwa benih tersebut mati.

Meski singkat, namun hal ini menjadi sebuah langkah kecil untuk menumbuhkan tanaman di luar Bumi.

Baca juga: Sempat Berkecambah, Benih yang Dibawa China ke Bulan Mati

Beriklan

Setidakanya sudah ada dua start up yang mengemukakan rencananya untuk mengembangkan industri periklanan di luar angkasa. Start up asal Jepang, Ispace Inc menyebut jika mereka akan mengeksekusi rencana tersebut pada tahun 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Sumber Futurism
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X