Tabrakan Kuno 4,4 Miliar Tahun Lalu Bikin Bumi Punya Kehidupan

Kompas.com - 24/01/2019, 20:33 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu pertanyaan yang hingga kini menghantui para peneliti adalah bagaimana bumi bisa menciptakan kehidupan, sedangkan di tempat lain tidak.

Kini, sebuah penelitian baru mencoba menjawab pertanyaan tersebut. Para ilmuwan menyebut bahwa sebuah tabrakan kuno membentuk bulan untuk Bumi dan mungkin membawa semua bahan kehidupan.

Sebagai informasi, sekitar 4,4 miliar tahun silam, sebuah benda seukuran planet Mars menabrak Bumi primitif. Tabrakan itu menciptakan bulan ke orbit permanen di sekitar planet kita.

Penelitian yang baru saja dipublikasikan dalam jurnal Science Advances ini menemukan bahwa peristiwa tersebut bisa memiliki dampak yang jauh lebih besar daripada yang diperkirakan sebelumnya.