Kompas.com - 23/01/2019, 18:35 WIB


KOMPAS.com - Pemberitaan ular makan ular lain mungkin sudah sering didengar. Namun bagaimana kalau yang menjadi santapan adalah seekor ular yang belum pernah teridentifikasi sebelumnya, alias spesies baru?

Hal ini terjadi empat dekade lalu. Oleh para ilmuwan dari Universitas Texas di Arlington yang menerbitkan laporannya di jurnal Herpetology, ular itu diberi nama Cenaspis aenigma atau yang dalam bahasa Latin berarti ular menu makan malam misterius.

Disebut spesies baru karena C. aenigma memiliki ciri unik yang belum pernah dilihat pada ular lain.

Ia memiliki sisik tak terbagi di bawah ekor dan bentuk tengkorak yang unik. Selain itu, kalau ular lain memiliki duri di organ reproduksi hemipene mereka, ular satu ini memiliki satu set kelopak (caliyx).

Baca juga: Paruh Penuh Taring, Spesies Baru Dinosaurus Ini Ditemukan di Inggris

Melansir Newsweek, Selasa (22/1/2019), ahli biologi Jonathan Campbell berkata, ular juga sama seperti makhluk hidup pada umumnya yang memiliki karakteristik khas pada setiap spesies.

Beberapa spesies biasanya memiliki perbedaan yang relatif kecil dibanding yang lain.

"Namun Cenaspis aenigma berbeda dengan semua spesies dalam familinya (yang berisi ratusan spesies). Ia memiliki sejumlah ciri mencolok, termasuk anatomi reproduksi dan kerangka," kata Campbell.

Campbell berkata, sebagian besar spesies ular baru ditemukan beberapa dekade lalu. Semakin berkembangnya zaman, semakin sedikit spesies baru yang diidentifikasi.

"Jadi saat kami menemukan ular jenis baru dengan ciri yang sangat mencolok itu tidak biasa. Apalagi menemukannya dimangsa ular lain, ini luar biasa," imbuhnya.

Ular ini sebenarnya sudah ditemukan pada 1976. Saat itu seorang petani kelapa menemukan ada ular sepanjang 25 sentimeter di dalam saluran pencernaan ular karang berwarna terang. Lokasi kejadian di hutan hujan pegunungan Chiapas, di Meksiko Selatan.

Sejak ditemukan, tubuh ular malang itu kemudian diawetkan di museum. Ahli herpetologi pun mulai mengerahkan tenaga mencari keberadaan ular serupa yang masih hidup di sekitar Chiapas.

Setelah empat dekade melakukan penelusuran, tak satupun C. aenigma lain ditemukan.

Baca juga: Cegah Obesitas pada Ular, Kebun Binatang Ciptakan Gym Renang Pertama

Kepada National Geographic Campbell berspekulasi ular C aenigma memakan laba-laba dan serangga. Namun, tanpa spesimen yang masih hidup kita tak mungkin dapat membuktikan gagasan tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Newsweek


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.