25.000 Tahun Lalu, Manusia Sudah Buru Mammoth Pakai Tombak Batu

Kompas.com - 20/01/2019, 19:08 WIB
Ilustrasi Esteban De ArmasIlustrasi

KOMPAS.com - Sekitar 25.000 tahun yang lalu, pemburu zaman es di tempat yang sekarang disebut Polandia memburu mammoth dengan cara melemparkan tombak.

Hal ini terungkap dari sebuah penemuan arkeolog yang mendapati jika masih ada serpihan tombak yang tertanam di tulang rusuk seekor mammoth. Temuan tersebut menjadi sebuah kejutan besar karena menjadi bukti pertama yang menunjukkan bahwa orang-orang Eropa di zaman es menggunakan senjata untuk memburu binatang buas raksasa.

Sebelumnya, para peneliti bertanya-tanya apakah nenek moyang kita membunuh mammoth dengan tipu daya, misalnya dengan mengejarnya ke dalam lubang atau dari tebing atau para pemburu zaman es memang sudah mengincar mammoth yang lemah atau sakit sehingga mudah dihabisi.

Namun sekarang, peneliti telah menemukan bukti pertama tentang bagaimana hewan-hewan ini diburu.

Baca juga: Ingin Hidupkan Mammoth, Rusia Buat Fasilitas Kloning ala Jurassic Park

Peneliti awalnya menemukan tulang rusuk mammoth pada tahun 2002 di sebuah wilayah bernama Kraków. Di tempat ini, selama bertahun-tahun ditemukan sisa-sisa setidaknya 110 mammoth yang pernah hidup antara 30.000-25.000 tahun yang lalu.

"Di antara puluhan ribu tulang, saya menemukan tulang rusuk raksasa yang rusak. Ternyata, ada potongan panah batu kapur yang terjebak di dalamnya," kata Piotr Wojtal, seorang arkeolog di Poland Academy of Sciences.

Namun temuan itu rupanya tidak langsung ditindaklanjuti. Hingga akhirnya pada Februari 2018, para peneliti memeriksa kembali spesimen secara terperinci.

Selama pemeriksaan tersebut, peneliti menemukan pecahan ujung batu sepanjang 7 milimeter yang kemungkinan pecah ketika seorang pemburu melemparkan tombak ke tubuh mammoth.

" Tombak itu tentu saja dilemparkan dari kejauhan, sebagaimana dibuktikan dengan menempelnya tombak pada binatang. Tombak berhasil menembus kulit serta lapisan lemak hingga akhirnya mencapai tulang," tambah Wojtal.

Perburuan di zaman es

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X