Ingin Hidupkan Mammoth, Rusia Buat Fasilitas Kloning ala Jurassic Park

Kompas.com - 31/08/2018, 12:05 WIB
Mammoth BBCMammoth

KOMPAS.com - Pernahkah Anda membayangkan apa jadinya jika hewan purba seperti mammoth kembali hidup? Sekilas mungkin sulit membayangkannya.

Namun hal inilah yang sedang dipersiapkan oleh Rusia. Para ilmuwan Rusia mengklaim bahwa hewan purba seperti mammoth, singa gua, dan spesies punah lain bisa dihidupkan kembali di fasilitas kloning yang akan mereka bangun.

Fasilitas yang mirip seperti pusat Jurassic Park itu disebut akan menjadi "pusat ilmiah paleo-genetik dunia".

Rencananya, fasilitas ini akan dibangun di kota terdingin di dunia, yaitu Yakutsk di bagian timur laut negara itu.

Para ahli menyebut pusat kloing ini bertujuan untuk mempelajari hewan yang telah punah dari sel-sel hidup. Tak hanya itu, mereka juga bermaksud untuk menghidupkan kembali makhluk seperti mammoth, badak berbulu, singa gua, dan kuda purba.

Pembuatan laboratorium kloning ini bermula dari banyaknya penemuan fosil yang terkubur di permafrost (tanah beku) Siberia.

Para ilmuwan menemukan DNA dari hewan purba yang terawetkan dalam fosil yang terbungkus tanah beku selama puluhan ribu tahun.

Untuk itu, para ilmuwan Rusia yang bekerja sama dengan SOOAM Biotech Research Foundation Korea Selatan yang dipimpin oleh ahli kloning Profesor Hwang Woo-Suk memperluas penelitian.

"Tidak ada bahan unik semacam ini di tempat lain di Dunia. Kami tidak hanya mempelajari hewan Pleistocene 0 garis lain adalah studi tentang sejarah pemukiman di Timur Laut Rusia," ungkap Dr Lena Grigorivena, salah satu penyusun rencana fasilitas ini dikutip dari Mirror, Kamis (30/08/2018).