Sabuk Asteroid ke Jupiter, 4 Tambang Baru yang Diincar Manusia

Kompas.com - 20/01/2019, 17:06 WIB
Ilustrasi asteroid Chariklo ESO/L. Calçada/Nick Risinger (skysurvey.org)Ilustrasi asteroid Chariklo

KOMPAS.com - Seiring dengan menipisnya kekayaan alam di Bumi, para ilmuwan mulai mempertimbangkan untuk melakukan penambangan di luar angkasa.

Beberapa tempat sudah menjadi 'incaran'. Salah satunya adalah sabuk asteroid. Di tempat inilah, sumber daya mineral disebut akan mencukupi kebutuhan manusia di masa depan.

Namun selain sabuk asteroid, rupanya sudah ada tempat-tempat lain yang dinilai akan memberikan sumber alam yang juga menjanjikan.

Baca juga: Bertambang di Luar Angkasa Segera Jadi Kenyataan, Ini Tujuannya

Bulan
Satelit terdekat dengan Bumi ini diperkirakan memiliki simpanan sumber daya alam berupa Helium-3, emas, logam dari grup platinum, dan juga air.

Platinum sendiri merupakan sumber daya yang sangat terbatas dan mulai langka di Bumi. Padahal, platinum kerap digunakan untuk mendukung teknologi-teknologi manusia.

Asteroid dekat Bumi
Beberapa asteroid secara alami melintas dekat dengan Bumi. Sumber daya yang tersimpan dalam asteroid ini kemungkinan adalah air, besi, dan nikel.

Baca juga: Ramai-ramai Menambang di Bulan

Sabuk Asteroid
Asteroid dari sabuk utama mengandung hampir semua logam atau elemen yang kita butuhkan.

Namun, tentunya ada konsekuensi jika menambang di tempat ini. Jaraknya yang sulit dijangkau, yakni mencapai 750 juta kilometer dari Bumi, masih menjadi pekerjaan rumah bagi para ilmuwan.

Jupiter
Tidak semua hasil tambang berbentuk batu atau biji. Di Jupiter, kita bisa menambang gas langka seperti Helium-3 yang bisa digunakan dalam teknologi fusi. Namun sayangnya, Jupiter berjarak lebih dari satu miliar kilometer.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X