Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/01/2019, 17:06 WIB
Monika Novena,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seiring dengan menipisnya kekayaan alam di Bumi, para ilmuwan mulai mempertimbangkan untuk melakukan penambangan di luar angkasa.

Beberapa tempat sudah menjadi 'incaran'. Salah satunya adalah sabuk asteroid. Di tempat inilah, sumber daya mineral disebut akan mencukupi kebutuhan manusia di masa depan.

Namun selain sabuk asteroid, rupanya sudah ada tempat-tempat lain yang dinilai akan memberikan sumber alam yang juga menjanjikan.

Baca juga: Bertambang di Luar Angkasa Segera Jadi Kenyataan, Ini Tujuannya

Bulan
Satelit terdekat dengan Bumi ini diperkirakan memiliki simpanan sumber daya alam berupa Helium-3, emas, logam dari grup platinum, dan juga air.

Platinum sendiri merupakan sumber daya yang sangat terbatas dan mulai langka di Bumi. Padahal, platinum kerap digunakan untuk mendukung teknologi-teknologi manusia.

Asteroid dekat Bumi
Beberapa asteroid secara alami melintas dekat dengan Bumi. Sumber daya yang tersimpan dalam asteroid ini kemungkinan adalah air, besi, dan nikel.

Baca juga: Ramai-ramai Menambang di Bulan

Sabuk Asteroid
Asteroid dari sabuk utama mengandung hampir semua logam atau elemen yang kita butuhkan.

Namun, tentunya ada konsekuensi jika menambang di tempat ini. Jaraknya yang sulit dijangkau, yakni mencapai 750 juta kilometer dari Bumi, masih menjadi pekerjaan rumah bagi para ilmuwan.

Jupiter
Tidak semua hasil tambang berbentuk batu atau biji. Di Jupiter, kita bisa menambang gas langka seperti Helium-3 yang bisa digunakan dalam teknologi fusi. Namun sayangnya, Jupiter berjarak lebih dari satu miliar kilometer.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com