Studi: Perilaku Pecandu Media Sosial Mirip Kecanduan Narkoba

Kompas.com - 16/01/2019, 12:32 WIB
Ilustrasi media sosial THINKSTOCKS/IPOPBAIlustrasi media sosial

KOMPAS.com - Istilah kecanduan rokok hingga kecanduan obat bius adalah sesuatu yang umum kita dengar. Tapi belakangan ini, pakar mulai menggunakan istilah kecanduan pada media sosial.

Kabar buruknya, para pakar telah menemukan hubungan antara penggunaan media sosial yang berlebihan dengan tingkah laku yang biasa tampak pada pecandu narkoba.

Studi ini dilakukan oleh peneliti dari Universitas Michigan, Amerika dan Universitas Monash, Australia.

Mereka mengatakan, pengguna berat media sosial cenderung membuat keputusan-keputusan lebih berisiko, yang biasanya tampak pada para pecandu narkoba.

Baca juga: Kerap Lihat Media Sosial Bikin Perempuan Tak Percaya Diri

"Kira-kira sepertiga manusia di planet ini menggunakan media sosial dan banyak dari mereka menunjukkan kecanduan yang berlebihan pada situs-situs dalam jaringan internet," kata Dar Meshi, penulis utama penelitian ini.

"Kami berharap penemuan kami ini akan mendorong orang untuk lebih bertanggung-jawab dalam menggunakan jaringan media sosial," imbuh asisten profesor di Universitas Michigan itu.

Meshi dan timnya mendapati bahwa pengguna media sosial yang berlebihan juga seringkali mengambil risiko yang lebih besar, walaupun tahu banyak konsekuensi negatifnya. Tingkah laku ini sama seperti para pencandu narkoba.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X