Kerap Lihat Media Sosial Bikin Perempuan Tak Percaya Diri

Kompas.com - 23/11/2018, 19:07 WIB
Ilustrasi media sosial diego_cervoIlustrasi media sosial

KOMPAS.com - Bukan rahasia lagi jika media sosial mengaburkan antara garis kenyataan dengan fantasi.

Semisal saat melihat penampilan seseorang yang lebih menarik dibandingkan diri sendiri, warganet cenderung menyimpulkan jika apa yang mereka lihat di media sosial merupakan kenyataan sang pemilik akun.

Kabar buruknya, perempuan lebih sering menjadi korban dari hal tersebut dan mengalami dampak tersendiri.

Ini terbukti dari studi yang dilakukan oleh York University baru-baru ini.

Baca juga: Seluruh Anggotanya Perempuan, Tim Ekspedisi Antartika Patahkan Mitos

Peneliti menyimpulkan jika perempuan yang terlalu sering melihat penampilan perempuan lain di media sosial akan terganggu persepsi mengenai dirinya sendiri.

"Hasilnya menunjukkan bahwa perempuan itu tidak merasa puas dengan tubuh mereka," kata Jennifer Mills, peneliti dari York University.

Lebih lanjut lagi, mereka merasa lebih buruk dengan penampilan mereka sendiri setelah melihat perempuan lain yang dianggap lebih menarik.

Studi berjudul "The effects of active social media engagement with peers on body image in young women" ini memang fokus mempelajari perempuan muda berusia 18-27 tahun yang menyukai atau mengomentari foto orang yang mereka anggap lebih menarik daripada mereka sendiri.

Penelitian ini melibatkan 118 mahasiswa S1 dari beragam belakang etnis. Setiap partisipan diberi formulir persetujuan dan kuesioner di mana mereka harus menunjukan tingkat kepuasan terhadap penampilan tubuh mereka dengan menggunakan skala tertentu.

Selanjutnya, partisipan secara acak diminta melakukan eksperimen dalam dua kondisi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X