Gara-gara Kemajuan Teknologi, 7 Profesi Ini Sangat Mungkin Terganti

Kompas.com - 07/01/2019, 17:00 WIB
Ilustrasi dokteripopba Ilustrasi dokter


KOMPAS.com - Apakah pekerjaan Anda membosankan dan dilakukan berulang-ulang? Jika itu yang Anda rasakan, berarti ada alasan untuk cemas.

" Pekerjaan apa pun yang rutin dilakukan, bisa jadi dilakukan algoritma matematika dalam lima atau sepuluh tahun lagi. Paling tidak di negara maju," kata manajer keuangan dan penulis John Pugliano.

Pugliano adalah penulis sejumlah buku bagus seperti The Robots are Coming: A Human's Survival Guide to Profiting in the Age of Automation.

Daftar profesi yang dipandangnya terancam termasuk beberapa yang sampai sekarang dianggap aman karena memerlukan orang yang sangat berkualifikasi, seperti bidang kesehatan dan hukum.

Baca juga: Kemajuan Teknologi Turunkan Angka Kematian akibat Kanker

Kepada BBC News Pugliano mengatakan bahwa dokter dan pengacara tidak akan musnah. Hanya saja, lapangan pekerjaan untuk profesi ini akan berkurang sebagian.

Inilah tujuh profesi yang akan terancam teknologi dan sebagian lainnya yang akan bertahan, menurut Pugliano.

1. Dokter

Ini mungkin terdengar janggal, karena saat ini dokter sangat dibutuhkan oleh manusia. Ditambah lagi, orang yang bermimpi ingin menjadi dokter banyak.

Namun Pugliano yakin bahwa beberapa jenis karier di bidang kesehatan akan terancam karena diagnosa penyakit yang mungkin dapat dilakukan teknologi secara lebih akurat dan otomatis suatu saat nanti.

Dengan adanya teknologi masa depan, keberadaan dokter dan paramedik tidak benar-benar hilang. Demikian juga para spesialis seperti ahli bedah.

2. Pengacara

Pugliano percaya jumlah pengacara akan berkurang seiring dengan adanya teknologi yang menangani pemrosesan dokumen dan pekerjaan lain di masa depan.

Pekerjaan hukum yang kurang memerlukan pengalaman dan spesialisasi kemungkinan akan digantikan dengan perangkat lunak komputer.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X