Kompas.com - 03/01/2019, 19:03 WIB


KOMPAS.com - Sekitar 4.200 tahun lalu, kekaisaran Mesopotamia, Akkadia lengser. Kejadian itu bertepatan dengan transformasi besar yang terjadi di Mesir dan Lembah Indus, dua peradaban besar lain dari masa itu.

Berkaitan dengan lengsernya peradaban besar itu, kini ahli telah mengetahui penyebabnya. Mereka menemukan jawabannya setelah mengamati stalagmit gua yang ada di Iran.

Menurut studi terbaru, stalagmit gua itu menunjukkan perubahan iklim yang ekstrem di masa lalu dan diyakini bertanggung jawab atas yang terjadi pada ketiga peradaban.

Baca juga: Ratusan Koin Emas Ditemukan, Bukti Runtuhnya Kekaisaran Romawi?

Suatu peradaban mengalami kejayaan dan akhirnya lengser karena berbagai alasan dan hingga kini matinya kerajaan Akkadia tetap kontroversial.

Beberapa sejarawan sebetulnya sudah mengaitkan peristiwa tersebut dengan perubahan iklim. Namun bagaimana peristiwa persisnyya tidak ada yang berhasil menjelaskannya. Ditambah lagi tidak ada aktivitas gunung berapi yang tercatat atau perubahan suhu matahari.

Namun hal itu berakhir setelah sekelompok tim yang dipimpin Stacy Carolin dari Universitas Oxford mempelajari stalagmit dari Gua Gol-e-Zard di Pegunungan Albrz Iran yang terbentuk antara 5.200 sampai 3.700 tahun yang lalu.

Pengamatan yang mereka lakukan menemukan sesuatu yang relevan.

Dalam laporan yang terbit di Prosiding National Academy of Sciences dijelaskan adanya lonjakan jumlah magnesium terhadap kalsium antara 4.510 sampai 4.260 tahun lalu.

Dilansir IFL Science, (24/12/2018), hal ini dibuktikan dengan pertumbuhan stalagmit yang lebih lambat dan perubahan isotop oksigen batuan.

Perubahan ini berlangsung sekitar 110 sampai 290 tahun, masing-masing sebelum komposisi stalagmit kembali ke level sebelumnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.