Misi China Menjelajah Sisi Jauh Bulan Sudah Memasuki Orbitnya

Kompas.com - 14/12/2018, 18:31 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

Sumber Space News

KOMPAS.com - Wahana Chang'e-4 milik China berhasil memasuki orbit bulan Rabu (12/12/2018) setelah melakukan perjalanan selama 4,5 hari.

Diberitakan sebelumnya, ini adalah misi pertama  China untuk mendaratkan sebuah pesawat robotik di sisi jauh Bulan.

Nantinya wahana Chang'e-4 akan mengupayakan pendaratan di kawah Von Kármán, yang terletak di bagian Bulan yang tidak pernah menghadap ke Bumi.

Kawah Von Kármán telah lama menarik perhatian para ahli karena terletak di dalam wilayah terdampak benturan tertua dan terbesar di Bulan - cekungan Kutub Selatan - Aitken. Kawasan itu diduga terbentuk oleh dampak benturan asteroid raksasa miliaran tahun lalu.

Baca juga: Misi Pendaratan di Bulan Milik China Bawa Benih Kentang, Untuk Apa?

Chang'e-4 memasuki orbit elips yang mengelilingi Bulan pada pukul 3.45 dini hari dan berada di perilune (titik di mana pesawat ruang angkasa di orbit berjarak paling dekat dengan bulan) 100 kilometer.

Pada lander dan rover wahana Chang'e-4 dilengkapi kamera dan muatan sains yang dapat menganalisis geologi permukaan Bulan dan apa yang terkandung di dalamnya, juga melakukan pengamatan radio frekuensi rendah di sisi jauh Bulan.

Untuk itu, misi ini dilengkapi dengan sebuah ujicoba yang dirancang untuk meletakkan dasar bagi penciptaan teleskop astronomi radio masa depan di sisi jauh, yang terlindung dari kebisingan radio Bumi.

Jika misi ini berhasil dilakukan, Chang'e-4 akan menjadi pendaratan pertama yang menjelajah sisi gelap Bulan.