Ahli Saraf Temukan Cara "Telepati" Bersama Tiga Orang

Kompas.com - 02/01/2019, 17:02 WIB
Ilustrasi monsitjIlustrasi


KOMPAS.com - Ilmuwan saraf AS berhasil membuat tiga orang berkomunikasi tanpa berbicara. Mereka menghubungkan tiga otak peserta untuk bekerja sama memainkan permainan Tetris.

Para ahli berpendapat, eksperimen liar ini dapat ditingkatkan untuk menghubungkan seluruh jaringan manusia. Sesuatu yang terdengar sangat aneh dan mustahil.

Eksperimen ini menggunakan kombinasi electroencephalograms (EEG) untuk merekam impuls listrik yang menunjukkan aktivitas otak dan simulasi magnetik transkranial (TMS) untuk merangsang neuron dengan medan magnet.

Tim di balik eksperimen ini menjuluki metode itu dengan nama BrainNet. Mereka berkata hal ini seperti jaringan yang menghubungkan banyak pikiran berbeda secara bersamaan.

Baca juga: Uji Sementara Tunjukkan Obat Asma Bisa Memperlambat Kerusakan Saraf

Meski terdengar aneh, ahli mengklaim BrainNet dapat memaparkan fungsi otak yang lebih dalam lagi.

"Kami menghadirkan BrainNet, metode yang bisa digunakan banyak orang unuk memahami isi pikiran orang lain dan bekerja sama memecahkan masalah kolaboratif," tulis para ahli dalam laporannya yang terbit secara online di server pra-cetak arXiv pada Oktober 2018.

"Metode ini memungkinkan tiga relawan bekerja sama menyelesaikan permainan (Tetris) menggunakan komunikasi otak," imbuh mereka.

Seperti dilansir Science Alert, Selasa (1/1/2019), ahli menggunakan lima kelompok berisi tiga orang untuk eksperimennya.

Pada masing-masing kelompok, dua orang berperan sebagai pengirim ide. Mereka terhubung dengan alat EEG dan diminta memegang Tetris.

Kedua pengirim ide ini tidak memainkan permainan secara langsung, tapi mereka hanya diminta memutuskan lewat pikiran apakah balok yang turun harus diputar atau tidak.

Setelah membuat keputusan, mereka harus menatap salah satu dari dua LED yang berkedip di kedua sisi layar, yang satu berkedip 15 Hz dan yang lain 17 Hz. Keduanya menghasilkan sinyal berbeda di otak - antara balok diputar atau tidak - yang bisa ditangkap EEG.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X