Ahli Saraf Temukan Cara "Telepati" Bersama Tiga Orang

Kompas.com - 02/01/2019, 17:02 WIB
Ilustrasi monsitjIlustrasi

KOMPAS.com - Ilmuwan saraf AS berhasil membuat tiga orang berkomunikasi tanpa berbicara. Mereka menghubungkan tiga otak peserta untuk bekerja sama memainkan permainan Tetris.

Para ahli berpendapat, eksperimen liar ini dapat ditingkatkan untuk menghubungkan seluruh jaringan manusia. Sesuatu yang terdengar sangat aneh dan mustahil.

Eksperimen ini menggunakan kombinasi electroencephalograms (EEG) untuk merekam impuls listrik yang menunjukkan aktivitas otak dan simulasi magnetik transkranial (TMS) untuk merangsang neuron dengan medan magnet.

Tim di balik eksperimen ini menjuluki metode itu dengan nama BrainNet. Mereka berkata hal ini seperti jaringan yang menghubungkan banyak pikiran berbeda secara bersamaan.