Kompas.com - 31/12/2018, 20:30 WIB
Seekor anjing laut monk Hawaii mendapatkan belut terjebak di hidungnya. Ini adalah fenomena langka yang jarang sekali terjadi. Seekor anjing laut monk Hawaii mendapatkan belut terjebak di hidungnya. Ini adalah fenomena langka yang jarang sekali terjadi.

KOMPAS.com - Alam liar selalu menyimpan banyak misteri. Terkadang, banyak kejadian yang sulit dicerna begitu saja oleh manusia.

Seperti 8 fenomena langka berikut ini, kejadian tak biasa yang dilakukan oleh satwa liar. Fenomena-fenomena ini terekam kamera atau disaksikan oleh para peneliti secara langsung.

Apa saja, fenomena alam liar yang dilaporkan sepanjang 2018?

1. Belut Terjebak di Hidung Anjing Laut

Program penelitian anjing laut di Hawaii merilis foto seekor belut yang terjebak di hidung anjing laut monk pada Senin (03/12/2018).

Belut terjebak di hidung anjing laut adalah sesuatu yang jarang terjadi. Menurut Charlet Littnan seorang ahli biologi anjing laut monk, dalam empat dekade terakhir hanya ada tiga sampai empat kasus seperti ini.

"Dalam 40 tahun terakhir, kami tidak pernah mengamati hal semacam ini, sampai beberapa tahun lalu," ujar Littnan yang bekerja di Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional (NOAA) AS, dilansir Live Science, Kamis (6/12/2018).

Baca selengkapnya: Langka tapi Nyata, Seekor Belut Terjebak dalam Hidung Anjing Laut

2. Ribuan Lumba-lumba Lakukan Perburuan Massal

Sebuah pemandangan tidak biasa terjadi di Monterey Bay, California di mana diperkirakan seribu lumba-lumba melompat-lompat melewati permukaan laut dalam rangka melakukan perburuan.

Cuplikan dari perburuan massal ini dibagikan oleh akun Monterey Bay Aquarium. Namun beberapa hari kemudian, Monterey Bay Aquarium melaporkan kembali sekawanan besar lumba-lumba melesat menembus perairan lagi.

Menurut Patrick Webster, pembuat konten sosial media pada Monterey Bay Aquarium, aktivitas yang terlihat saat ini merupakan hal yang lumrah. Itu karena pada dasarnya, lumba-lumba akan melakukan ini setiap tahun.

"Ada beberapa hal yang lebih ajaib di dunia ini daripada ratusan lumba-lumba yang berkeliaran di Teluk Monterey di pagi musim gugur yang berkabut," kata Webster seperti yang dikutip dari Live Science, Senin (10/09/2018).

"Namun, cukup jarang melihat mereka ini dengan begitu dekat dan begitu mudah diamati oleh orang-orang," sambungnya.

Baca selengkapnya: Langka, Ribuan Lumba-Lumba Terekam Kamera Lakukan Perburuan Massal

3. Teripang Langka Mirip Ayam Tanpa Kepala

Ilmuwan dari Divisi Antartika Australia (AAD) berhasil merekam jenis teripang langka yang dikenal dengan sebutan "monster ayam tanpa kepala" yang sekaligus menandai pertama kalinya mahluk itu terlihat di kedalaman Samudera Selatan.
Teripang laut yang memiliki nama ilmiah Enypniastes eximia ini terekam oleh kamera bawah laut milik AAD di kapal penangkap ikan yang beroperasi di Antartika.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X