Kaleidoskop 2018: 8 Fenomena Langka Alam Liar Sepanjang Tahun

Kompas.com - 31/12/2018, 20:30 WIB
Seekor anjing laut monk Hawaii mendapatkan belut terjebak di hidungnya. Ini adalah fenomena langka yang jarang sekali terjadi. Seekor anjing laut monk Hawaii mendapatkan belut terjebak di hidungnya. Ini adalah fenomena langka yang jarang sekali terjadi.

KOMPAS.com - Alam liar selalu menyimpan banyak misteri. Terkadang, banyak kejadian yang sulit dicerna begitu saja oleh manusia.

Seperti 8 fenomena langka berikut ini, kejadian tak biasa yang dilakukan oleh satwa liar. Fenomena-fenomena ini terekam kamera atau disaksikan oleh para peneliti secara langsung.

Apa saja, fenomena alam liar yang dilaporkan sepanjang 2018?

1. Belut Terjebak di Hidung Anjing Laut

Program penelitian anjing laut di Hawaii merilis foto seekor belut yang terjebak di hidung anjing laut monk pada Senin (03/12/2018).

Belut terjebak di hidung anjing laut adalah sesuatu yang jarang terjadi. Menurut Charlet Littnan seorang ahli biologi anjing laut monk, dalam empat dekade terakhir hanya ada tiga sampai empat kasus seperti ini.

"Dalam 40 tahun terakhir, kami tidak pernah mengamati hal semacam ini, sampai beberapa tahun lalu," ujar Littnan yang bekerja di Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional (NOAA) AS, dilansir Live Science, Kamis (6/12/2018).

Baca selengkapnya: Langka tapi Nyata, Seekor Belut Terjebak dalam Hidung Anjing Laut

2. Ribuan Lumba-lumba Lakukan Perburuan Massal

Sebuah pemandangan tidak biasa terjadi di Monterey Bay, California di mana diperkirakan seribu lumba-lumba melompat-lompat melewati permukaan laut dalam rangka melakukan perburuan.

Halaman:
Baca tentang
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X