Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/12/2018, 11:32 WIB

KOMPAS.com - Merayakan pergantian tahun identik dengan hingar bingar pesta dan kemeriahan kembang api yang mampu membuat decak kagum akan aneka warna. Lantas, apa sebenarnya kandungan kembang api sehingga sangat menarik?

Melansir Live Science, (3/7/2017), semua kembang api dikemas dengan campuran bahan kimia agar bisa menghasilkan ledakan dan aneka warna.

Pada setiap kembang api, ada bagian yang disebut cangkang udara, sebuah tabung yang berisi bubuk mesiu dan ratusan "bintang" kecil berukuran tiga sampai empat sentimeter.

Menurut American Chemical Society (ACA), "bintang" kecil itu mengandung bahan bakar, zat pengoksida, pengikat, dan garam logam (logam oksida) yang memberi warna kembang api

Baca juga: Malam Tahun Baru, Jangan Sampai Kembang Api Bikin Anjing Anda Stres

Saat sumbu kembang api dinyalakan dan bubuk mesiu terbakar, tak lama cangkang udara akan meledak. Hal ini membuat "bintang" kecil di dalam cangkang itu menyebar ke atas dan memancarkan cahaya berwarna yang indah.

Hal ini karena ketika terpapar api, bahan bakar dan zat pengoksidasi "bintang" menghasilkan panas yang sangat cepat dan mengaktifkan logam yang mengandung pewarna.

Saat dipanaskan, atom dalam senyawa logam menyerap energi sehingga menyebabkan elektron menata ulang dari tingkat energi terendah ke tingkat yang lebih tinggi.

Ketika elektron anjlok kembali ke tingkat energi yang lebih rendah, kelebihan energi akan dipancarkan sebagai cahaya.

Setiap elemen kimia melepaskan sejumlah energi berbeda dan energi itulah yang menentukan warna atau panjang gelombang cahaya yang dipancarkan.

"Misalnya, ketika natrium nitrat dipanaskan, elektron dalam atom natrium menyerap energi dan 'heboh'. Ketika elektron anjlok, energi sekitar 200 kilojoule per mol (satuan pengukuran untuk bahan kimia) akan dilepaskan," menurut situs web profesor kimia Universitas Wisconsin-Madison Bassam Z Shakhashiri.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+