Kompas.com - 31/12/2018, 11:32 WIB

KOMPAS.com - Merayakan pergantian tahun identik dengan hingar bingar pesta dan kemeriahan kembang api yang mampu membuat decak kagum akan aneka warna. Lantas, apa sebenarnya kandungan kembang api sehingga sangat menarik?

Melansir Live Science, (3/7/2017), semua kembang api dikemas dengan campuran bahan kimia agar bisa menghasilkan ledakan dan aneka warna.

Pada setiap kembang api, ada bagian yang disebut cangkang udara, sebuah tabung yang berisi bubuk mesiu dan ratusan "bintang" kecil berukuran tiga sampai empat sentimeter.

Menurut American Chemical Society (ACA), "bintang" kecil itu mengandung bahan bakar, zat pengoksida, pengikat, dan garam logam (logam oksida) yang memberi warna kembang api

Baca juga: Malam Tahun Baru, Jangan Sampai Kembang Api Bikin Anjing Anda Stres

Saat sumbu kembang api dinyalakan dan bubuk mesiu terbakar, tak lama cangkang udara akan meledak. Hal ini membuat "bintang" kecil di dalam cangkang itu menyebar ke atas dan memancarkan cahaya berwarna yang indah.

Hal ini karena ketika terpapar api, bahan bakar dan zat pengoksidasi "bintang" menghasilkan panas yang sangat cepat dan mengaktifkan logam yang mengandung pewarna.

Saat dipanaskan, atom dalam senyawa logam menyerap energi sehingga menyebabkan elektron menata ulang dari tingkat energi terendah ke tingkat yang lebih tinggi.

Ketika elektron anjlok kembali ke tingkat energi yang lebih rendah, kelebihan energi akan dipancarkan sebagai cahaya.

Setiap elemen kimia melepaskan sejumlah energi berbeda dan energi itulah yang menentukan warna atau panjang gelombang cahaya yang dipancarkan.

"Misalnya, ketika natrium nitrat dipanaskan, elektron dalam atom natrium menyerap energi dan 'heboh'. Ketika elektron anjlok, energi sekitar 200 kilojoule per mol (satuan pengukuran untuk bahan kimia) akan dilepaskan," menurut situs web profesor kimia Universitas Wisconsin-Madison Bassam Z Shakhashiri.