Mantan Astronot NASA: Kirim Manusia ke Mars adalah Langkah Bodoh

Kompas.com - 25/12/2018, 13:23 WIB
Rancangan rumah Mars milik NASA NASARancangan rumah Mars milik NASA

KOMPAS.com - Salah satu orang pertama yang berhasil masuk ke orbit Bulan mengatakan kepada BBC Radio 5 Live bahwa merencanakan misi manusia ke planet Mars itu merupakan hal yang 'bodoh'.

Bill Anders, pilot modul bulan Apollo 8, pesawat luar angkasa berawak pertama yang meninggalkan orbit Bumi, menyebut pengiriman awak ke Mars itu 'boleh dikatakan konyol'.

NASA saat ini sedang merencanakan misi baru untuk mengirim manusia ke Bulan.

Badan antariksa AS itu ingin mempelajari keterampilan dan mengembangkan teknologi untuk memungkinkan pendaratan manusia di Mars di masa depan.

Anders, 85, mengatakan dia adalah 'pendukung kuat' dari program tak berawak 'yang luar biasa', 'terutama karena harganya jauh lebih murah'. Tetapi dia mengatakan tidak ada dukungan publik untuk mendanai misi manusia yang jauh lebih mahal.

Baca juga: Inilah Foto Pertama Robot Geologi NASA di Mars Sesaat Setelah Mendarat

"Apa yang penting? Apa yang mendorong kita untuk pergi ke Mars?" katanya.

Anders menambahkan, "Saya kira masyarakat tidak tertarik".

Sementara itu, robot penelitian masih menjelajahi Mars. Bulan lalu, InSight, robot yang akan mengambil sampel inerior planet, berhasil mendarat di Elysium Planitia.

Dalam sebuah pernyataan, NASA mengatakan badan itu "memimpin perjalanan kembali ke Bulan yang berkelanjutan, yang akan membantu kita mengirim astronot ke Mars".

"Termasuk juga mitra komersial dan internasional untuk mengembangkan kehadiran manusia di luar angkasa dan membawa kembali pengetahuan dan kesempatan baru."

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X