Inilah Foto Pertama Robot Geologi NASA di Mars Sesaat Setelah Mendarat

Kompas.com - 27/11/2018, 19:00 WIB

KOMPAS.com - Enam bulan lalu, tepatnya 5 Mei 2018, NASA meluncurkan robot geologinya yang bernama InSight ke Mars. Perjalanan robot yang nantinya bertugas meneliti isi perut Mars berjalan sesuai rencana dan ia mendarat mulus di planet merah, kemarin (26/11/2018).

Diberitakan Live Science, Senin (26/11/2018), InSight mencapai atmosfer Mars dengan kecepatan 12.300 mph (19.795 km/jam).

Setelah memasuki atmosfer, beberapa menit berikutnya berlangsung dengan cepat, InSight mengembangkan parasut dan segera mengeluarkan 12 mesin pendaratan untuk memperlambat kecepatan, hingga akhirnya menginjak tanah Mars.

"InSight tak membutuhkan waktu lama untuk beristirahat. Selang 10 detik setelah mendarat, ia langsung melakukan misi pertama, yakni memancarkan sinyal ke Bumi dan mengambil foto pertama dari tempat mendarat," kata Jim Green, Kepala Ilmuwan NASA kepada Live Science.