Mars Ternyata Punya Kawah Raksasa Berisi Es Abadi

Kompas.com - 21/12/2018, 17:32 WIB
Pemandangan kawah Korolev raksasa di Mars yang menyimpan es abadi. Pemandangan kawah Korolev raksasa di Mars yang menyimpan es abadi.

KOMPAS.com - Keberadaan air di Mars adalah topik yang selalu menarik perhatian. Terbaru, Mars Express milik European Space Agency (ESA) menangkap gambar adanya es dalam kawah raksasa yang sangat menakjubkan.

Gambar kawah yang ditangkap pengorbit Mars milik ESA itu bernama kawah Korolev. Sebuah kawah berdiameter 81,4 kilometer dan letaknya tepat di sebelah selatan Olympia Undae dunes yang mengililingi kutub utara.

Menariknya, kawah itu hampir dipenuhi es murni sepanjang tahun. Seperti Bumi, Mars juga memiliki musim hangat yang membuat es di kutub mencair.

Namun, kawah Korolev lain. Kawah yang namanya diambil dari nama insinyur roket Sergei Korolev itu sedikit eksentrik.

Baca juga: Rekaman Robot InSight: Begini Suara Angin di Planet Mars

Dilansir Science Alert, Jumat (21/12/2018),Kawah Korolev juga dikenal sebagai perangkap dingin karena selalu menyimpan es tanpa mempedulikan musim.

Kawah ini memiliki kedalaman dua kilometer. Dari dasar lantai kawah menjulang es setebal 1,8 kilometer dan berdiameter 60 kilometer. Volume kawah mengandung sekitar 2.200 kubik kilometer es.

Saat udara bergerak di atas es (ya, Mars memiliki udara tapi tidak bisa dihirup dan tipis), maka ia akan mendingin dan tenggelam, menghasilkan lapisan udara dingin di atas es.

Udara adalah konduktor panas yang buruk, lapisan dingin itu bertindak sebagai isolator yang melindungi es dari udara yang lebih hangat dan mencegah es meleleh.

Dinamika yang sama juga terjadi di kawah Louth yang berdiameter 36 kilometer dan juga terletak di kutub utara Mars.

Peta topografi berwarna dari kawah Korolev untuk membandingkan ketinggian kawah dengan dataran di sekitarnya. Peta topografi berwarna dari kawah Korolev untuk membandingkan ketinggian kawah dengan dataran di sekitarnya.

Mars Express yang merayakan ulang tahun ke 15 di orbit Mars pada Natal nanti, beberapa kali melewati kawah Korolev dan mengambil beberapa foto dengan kamera seluloid resolusi tinggi (HRSC).

Baca juga: Muncul 200 Juta Tahun Sekali, Mars Sedang Berdampingan dengan Neptunus

Kamera seluloid menggunakan strip film untuk fotonya. Ahli pun menjahit lima strip tersebut untuk menciptakan kolase menakjubkan yang bisa Anda lihat di atas ini.

Foto itu menunjukkan kemegahan kawah pada resolusi sekitar 21 meter per piksel.

Strip gambar yang diambil juga digunakan untuk membuat peta topografi berkode warna (seperti foto di samping) untuk menunjukkan ketinggian kawah dan dataran di sekitarnya.



Close Ads X