Terapi Target Beri Harapan Hidup Pasien Kanker Kolorektal

Kompas.com - 21/12/2018, 14:40 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Sebagian besar pasien kanker kolorektal datang pada stadium lanjut dan penyakitnya telah menyebar. Terapi target bisa menjadi jalan keluar terbaru dalam pengobatan kanker.

Menurut dr.Fajar Firsyada, Sp.B-KBD, setiap orang tidak sama dan unik, begitu pun dengan jenis kanker.

"Karena itu pengobatannya juga idealnya personal, custom, dan disesuaikan dengan kebutuhan penyakitnya," kata dokter spesialis bedah dan ahli kanker saluran cerna dari RS Kanker Dharmais ini di Jakarta, Kamis (20/12).

Kanker kolorektal adalah kanker yang tumbuh pada usus besar (kolon) dan rektum. Di Indonesia, kanker ini berada di urutan ketiga jenis kanker yang paling banyak diderita, setelah kanker payudara dan kanker paru.

Selain terapi standar seperti kemoterapi, pembedahan, dan radioterapi, saat ini terapi target menjadi terapi kanker yang lebih tepat sasaran dan pengobatan personalisasi bagi pasien.

"Dalam beberapa kasus, pengobatan dengan atau tanpa kemoterapi bisa memberikan peningkatan respon pengobatan yang bermakna. Bahkan, pada beberapa pasien harapan hidup lebih panjang," kata Dr.dr.Cosphiadi Irawan, Sp.PD, KHOM, dalam acara yang sama.

Baca juga: Kembali Cantik Setelah Terapi Kanker

Ia menjelaskan, terapi target secara spesifik akan manergetkan proses biologis dari kanker.

Pada pasien kanker kolorektal, terapi target diberikan pada pasien stadium 4 yang kankernya sudah menyebar.

"Pada mereka yang kankernya progresif, terapi target memberi hasil yang bermakna," ujar Cos.

Pada pasien kanker kolorektal yang mendapat kemoterapi, harapan hidupnya bisa mencapai satu tahun, namun dengan kombinasi terapi target bisa mencapai 30 bulan.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X