Kompas.com - 19/12/2018, 18:31 WIB
Seekor orangutan di lingkungan hutan konservasi Samboja, Kalimantan Timur, Jumat (31/8/2018). Kompas.com/Alsadad RudiSeekor orangutan di lingkungan hutan konservasi Samboja, Kalimantan Timur, Jumat (31/8/2018).


KOMPAS.com - Empat anak orangutan yang kehilangan induknya yaitu Gondar, Tegar, Kartini, dan Gerhana serta para pendamping yang bertindak sebagai ibu pengganti, saat ini tengah belajar memanjat pohon di Orangutan Forest School.

Organisasi perlindungan hewan Four Paws, yang memiliki 14 kantor di seluruh dunia termasuk Australia, merehabilitasi anak-anak orangutan ini.

Mereka merupakan korban rusaknya habitat dalam skala besar akibat industri kelapa sawit, industri kayu, dan batu bara.

"Setiap tahun, dua hingga tiga ribu orangutan tewas karena dianggap sebagai 'pencuri panen'. Mereka juga diburu untuk dagingnya. Anak-anak mereka sering diperdagangkan sebagai hewan peliharaan," kata Jeroen van Kernebeek, Direktur Four Paws Australia.

Baca juga: Bukan Hanya Manusia, Orangutan Sumatera Juga Bisa Bicara Masa Lalu

Four Paws membuka Orangutan Forest School di Kalimantan Timur pada Mei 2018. Sekolah ini ditangani ahli primata dan manajer proyek Dr. Signe Preuschoft dibantu 15 pengasuh hewan dari Indonesia, seorang ahli biologi, dan dua dokter hewan.

Mereka merawat delapan anak orangutan berusia antara 16 bulan dan sembilan tahun, sebelum dilepasliarkan kembali ke hutan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sebagai bagian dari program ini, Orangutan Forest School mengajarkan semua keterampilan yang mereka butuhkan untuk bertahan hidup di alam liar," kata Van Kernebeek.

Keempat anak yatim orangutan yaitu Gondar, Tegar, Kartini dan Gerhana, telah mulai pelajaran memanjat bersama dengan ibu pengganti mereka.

"Salah satu prinsip kami di Orangutan Forest School yaitu kami tidak memanusiakan orangutan, tetapi mengorangutankan manusia," jelas Dr. Preuschoft.

"Artinya, kami tidak membawa anak-anak yatim orangutan ini ke tanah, tapi mengirim manusia ke atas pohon," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.