Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/12/2018, 15:38 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - BMKG memberi update terbaru tentang pergerakan lintasan siklon tropis Kenanga.

Analisis BMKG pada Minggu (16/12/2018) pukul 13.00 WIB, menunjukkan bahwa siklon tropis Kenanga berada di Samudra Hindia barat daya Bengkulu. Tepatnya pada koordinat 9,5 LS dan 90,7 BT atau sekitar 1.400 kilometer sebelah barat daya Kerinci.

Siklon tropis Kenanga bergerak ke arah selatan barat daya dengan kecepatan 8 knots (14 kilometer/jam), bergerak menjauhi Indonesia.

Tekanan terendah 996 mb dan kekuatan 40 knots (75 kilometer/jam).

Baca juga: Siklon Tropis Kenanga Muncul, Ini Dampaknya untuk Wilayah Indonesia

BMKG memperkirakan dalam 24 jam atau hingga Senin (17/12/2018) pukul 13.00 WIB, posisi siklon tropis Kenanga masih berada di Samudra Hindia barat daya Bengkulu, tapi pada koordinat 11,6 LS dan 88,5 BT atau sekitar 1.730 kilometer sebelah barat daya Kerinci.

Siklon tropis Kenanga akan bergerak ke arah barat daya dengan kecepatan 7 knots (14 kilometer/jam), dan semakin menjauhi wilayah Indonesia.

"Tekanan terendah 989 mb dengan kekuatan 50 knots (95 kilometer/jam)," tulis BMKG dalam siaran resmi yang diterima KOMPAS.com, Minggu (16/12/2018).

Meski semakin menjauhi Indonesia, siklon tropis Kenanga tetap memiliki dampak untuk wilayah Indonesia, yakni adanya gelombang tinggi.

Baca juga: Bagaimana Janin Siklon Tropis Tercipta dan Akhirnya Lahir?

BMKG memperkirakan, gelombang laut setinggi 1,25 sampai 2,5 meter akan ada di perairan barat Aceh, perairan barat pulau Simeulue hingga kepulauan Nias, perairan barat Lampung, Samudra Hindia barat Aceh, perairan selatan Jawa Barat, hingga Sumbawa.

Sementara itu, gelombang laut setinggi 2,5 sampai 4,0 meter akan berdampak di perairan barat kepulauan Mentawai, perairan Enggano, Samudra Hindia barat Mentawai hingga selatan Banten, dan laut Natuna Utara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com