Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siklon Tropis Kong-Rey Sambangi Timur Indonesia, Begini Dampaknya

Kompas.com - 30/09/2018, 11:33 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini adanya diklon tropis Kong-Rey yang mengampiri wilayah Indonesia.

Dalam analisis yang dikeluarkan hari Minggu (30/09/2018) pukul 07.00 waktu Indonesia barat (WIB), posisi siklon tropis tersebut berada di Samudra Pasifik, sebelah utara Papua.

Tepatnya, badai tersebut ada di sekitar 1.660 kilometer di sebelah utara Biak. Siklon tropis Kong-Rey berada di kecepatan 19 km/jam ke arah barat-barat laut menjauhi Indonesia.

Kekuatan siklon tropis ini 60 knots atau setara dengan 110 km/jam.

Diperkirakan, dalam 24 jam ke depan atau 1 Oktober 2018, posisi siklon tropis ini ada di sekitar 1.870 km sebelah utara Biak.

Menurut rilis yang diterima Kompas.com, Minggu (30/09/2018), badai ini terus bergerak menjauhi wilayah Indonesia ke arah barat laut dengan kecepatan 15 km/jam.

Meski terus bergerak menjauh, siklon tropis Kong-Rey menimbulkan sejumlah dampak bagi beberapa wilayah Indonesia.

Dampak tersebut adalah potensi gelombang tinggi 1,25 hingga 2,5 meter terjadi di Perairan timur Kepulauan Talaud, utara Halmahera, Laut Halmahera, Perairan utara Papua Barat hingga Biak, Samudra Pasifik utara Halmahera hingga Papua.

Baca juga: Hurricane dan Typhoon, Mengapa Nama Badai dan Siklon Tropis Berbeda?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com