Kompas.com - 09/12/2018, 10:15 WIB
Ilustrasi wahana Change-4 milik China Ilustrasi wahana Change-4 milik China

KOMPAS.com - China telah meluncurkan misi mereka yang pertama untuk mendaratkan sebuah pesawat robotik di sisi jauh Bulan. Kabar ini didapatkan dari media China.

Misi yang diberi nama wahana Chang'e-4 itu akan mengupayakan pendaratan di kawah Von Kármán, yang terletak di bagian Bulan yang tidak pernah menghadap ke Bumi.

Wahana itu diluncurkan dengan roket Long March 3B dari Xichang Satellite Launch Center. Pendaratannya sendiri baru akan terjadi sekitar Januari.

Kawah Von Kármán menarik perhatian para ilmuwan karena terletak di dalam wilayah terdampak benturan tertua dan terbesar di Bulan - Cekungan Kutub Selatan-Aitken. Kawasan ini diduga terbentuk oleh dampak benturan asteroid raksasa miliaran tahun lalu.

Misi ini akan mendaratkan dua wahana, terdiri dari wahana statis dan wahana penjelah untuk merumuskan geologi dan komposisi batuan dan tanah di kawasan itu.

Dari bumi kita hanya melihat satu "wajah" Bulan karena fenomena yang disebut "tidal locking". Ini karena dalam rotasinya, Bulan membutuhkan waktu yang sama dengan saat menyelesaikan satu orbit Bumi.