Kompas.com - 09/12/2018, 10:15 WIB
Ilustrasi wahana Change-4 milik China Ilustrasi wahana Change-4 milik China

KOMPAS.com - China telah meluncurkan misi mereka yang pertama untuk mendaratkan sebuah pesawat robotik di sisi jauh Bulan. Kabar ini didapatkan dari media China.

Misi yang diberi nama wahana Chang'e-4 itu akan mengupayakan pendaratan di kawah Von Kármán, yang terletak di bagian Bulan yang tidak pernah menghadap ke Bumi.

Wahana itu diluncurkan dengan roket Long March 3B dari Xichang Satellite Launch Center. Pendaratannya sendiri baru akan terjadi sekitar Januari.

Kawah Von Kármán menarik perhatian para ilmuwan karena terletak di dalam wilayah terdampak benturan tertua dan terbesar di Bulan - Cekungan Kutub Selatan-Aitken. Kawasan ini diduga terbentuk oleh dampak benturan asteroid raksasa miliaran tahun lalu.

Misi ini akan mendaratkan dua wahana, terdiri dari wahana statis dan wahana penjelah untuk merumuskan geologi dan komposisi batuan dan tanah di kawasan itu.

Dari bumi kita hanya melihat satu "wajah" Bulan karena fenomena yang disebut "tidal locking". Ini karena dalam rotasinya, Bulan membutuhkan waktu yang sama dengan saat menyelesaikan satu orbit Bumi.

Baca juga: Terjual Secara Legal, Kerikil dari Bulan Ini Laku Rp 12,3 Miliar

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meskipun sering disebut sebagai "sisi gelap", wajah Bulan ini juga diterangi oleh Matahari dan memiliki fase yang sama dengan sisi yang dekat. "Gelap" dalam konteks ini artinya tidak terlihat dari Bumi.

Sisi jauh Bulan terlihat agak berbeda: memiliki kerak yang lebih tebal dan lebih tua dan dipenuhi lebih banyak kawah. Ada juga beberapa "mare" - suatu lautan basalt gelap yang tercipta oleh aliran lava - yang terlihat di sisi dekat Bulan.

Benturan kuat yang menciptakan Cekungan Aitken Kutub Selatan mungkin menembus kerak hingga lapisan mantel Bulan. Instrumen Chang'e-4 dapat memeriksa apakah itu yang terjadi, dan dengan demikian akan mengungkap sejarah awal dari satu-satunya satelit alami kita.

Bawa Benih Kentang

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.