Berbahasa Jawa, Bidan Tonik Sukseskan Program KB di Desa Bentak

Kompas.com - 12/12/2018, 07:01 WIB
Bidan Tonik memberikan penyuluhan tentang KB di Desa Bentak, Sragen (10/12/2018) Bidan Tonik memberikan penyuluhan tentang KB di Desa Bentak, Sragen (10/12/2018)

KOMPAS.com - Puluhan perempuan warga Desa Bentak, Sidoharjo, Sragen terlihat berkumpul di rumah Tonik Karuniawati pada Senin (10/12/2018) pagi. Mereka bersiap menerima sosialisasi tentang kesehatan reproduksi dari Tonik yang bertugas sebagai bidan di desa tersebut.

Selama hampir satu jam, Tonik menyampaikan materinya menggunakan Bahasa Jawa. Para peserta terlihat antusias dengan materi yang diselingi dengan candaan tersebut.

Pemilihan Bahasa Jawa sebagai pengantar penyuluhannya bukan tanpa alasan. Tonik menuturkan hal ini karena bentuk kedekatannya dengan masyarakat.

"Setiap kali menyampaikan ke masyarakat, karena kedekatan saya menggunakan Bahasa Jawa," ujar Tonik saat ditemui Kompas.com, Senin (10/12/2018).

Tonik menjelaskan, Bahasa Jawa dipandang lebih efektif dan lebih dimengerti oleh masyarakat di Desa Bentak.

Baca juga: Mengenal Bidan Asri, Pahlawan KB dari Desa Sambigede

Dalam materinya, Tonik menekankan pentingnya ber- KB untuk para ibu di Desa Bentak untuk menuju keluarga sejahtera. Selain itu, dia juga menjelaskan bahwa tidak ada yang perlu ditakutkan tentang program KB asalkan melalui prosedur yang tepat.

Tonik bukan sembarang bidan. Dia menyandang gelar sebagai Duta Kontrasepsi Oral (Duta OC) dari Bayer. Gelar yang disandangnya sejak 2015 itu, menurut Tonik, membantunya memberi penyuluhan terhadap masyarakat.

"Dulu belum ada yang namanya duta KB, masyarakat masih mengelak. Jadi, kita masuk itu seakan-akan masih 'Halah, paling saya disuruh untuk KB. Saya kan takut kalau KB-nya itu KB susuk atau steril. Nanti kalau masuk ke rahim gimana'," ungkap Tonik.

Penolakan masyarakat ini tidak menyurutkan semangat Tonik untuk berbagi ilmu tentang KB. Dia terus berusaha mendekati masyarakat dengan berbagai cara.

"Tapi dengan mengadakan penyuluhan, saya mendekat ke mereka. Tidak bilang untuk penyuluhan KB, saya ingin mendekat seperti ini tadi," kata Tonik.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X