Kompas.com - 10/12/2018, 18:06 WIB
ilustrasi bllack death/maut hitam ilustrasi bllack death/maut hitam

KOMPAS.com – Sebuah tim peneliti dari Prancis, Swedia, dan Denmark telah menemukan strain baru dari Yersinia pestis, bakteri yang menyebabkan pes atau sampar, pada DNA yang diambil dari tulang manusia berusia 5.000 tahun.

Berdasarkan studi yang terbit pada jurnal Cell (06/12/2018), strain ini merupakan yang paling dekat dengan genetik asal dari pes.

Untuk lebih memahami sejarah evolusi pes, Simon Rasmussen, seorang peneliti metagenomik di Technical University of Denmark dan University of Copenhagen, dan rekan-rekannya meneliti strain yang belum pernah ditemukan sebelumnya dari materi genetik seorang wanita berusia 20 tahun yang meninggal sekitar 5.000 tahun yang lalu di Swedia.

Strain yang mereka temukan memiliki kesamaan dengan gen yang menyebabkan wabah pneumonia mematikan yang terjadi saat ini, dan jejak-jejak itu juga ditemukan pada individu lain yang dikuburkan di lokasi yang sama. Hal ini menunjukkan bahwa wanita muda itu kemungkinan mati karena sebuah penyakit.

Baca juga: Gigi Berusia 3.800 Tahun Ungkap Asal Usul Wabah Maut Hitam

Temuan strain ini adalah yang tertua yang pernah ditemukan. Namun yang menarik dari temuan ini adalah, strain ini memiliki kedekatan dengan asal muasal genetik Y Pestis, yang berasal dari 5.700 tahun yang lalu

Rasmussen juga percaya bahwa temuan ini menawarkan teori baru tentang bagaimana pes menghabiskan sebagian besar masyarakat Eropa pada masanya.

Dilansir dari EurekAlert pada Kamis (06/12/2018), lebih dari 5.000 tahun yang lalu, Eropa masih berada di zaman batu. Secara tiba-tiba, peradaban ini dihancurkan dan digantikan oleh orang-orang Zaman Perunggu yang merupakan migrasi dari Eurasia ke Eropa.

Teori sebelumnya mengatakan, peradaban tersebut hancur akibat dari wabah yang dibawa oleh orang-orang Asia ke Eropa.

Namun, dengan temuan strain pes pada temuan tulang wanita di Swedia ini yang dekat dengan genetik dari 5.700 tahun yang lalu, ada kemungkinan pes telah berkembang di pemukiman Eropa Neolitikum sebelum migrasi Eurasia ke Eropa terjadi dan sekitar waktu itu, permukiman Eropa Neolitikum sudah mulai runtuh.