Kompas.com - 28/11/2018, 18:02 WIB
Rawa di taman nasional First Landing State Park, Virginia, AS. Rawa di taman nasional First Landing State Park, Virginia, AS.

KOMPAS.com - Seorang pria mengunggah foto genangan rawa yang permukaannya memunculkan warna pelangi di sebuah taman nasional di Virginia, AS.

Brent Rossen mengunggah foto genangan rawa yang diabadikan oleh kekasihnya di situs Reddit dan disukai oleh lebih dari 120.000 orang dalam 24 jam.

"Pekan lalu saya dan kekasih saya berjalan-jalan ke hutan, lalu untuk pertama kalinya saya melihat sebuah kolam yang permukaan airnya memancarkan warna pelangi," tulisnya dalam unggahannya.

Sepasang kekasih itu tengah berjalan-jalan di taman hutan First Landing State Park, Virginia, AS, ketika mereka melihat fenomena alam yang tidak biasa.

Jeff Ripple, mantan pemandu wisata Florida, mengatakan kepada BBC, "Kilau pelangi yang memancar adalah lapisan tipis yang berkumpul di permukaan air dan dihasilkan dari minyak alami yang dilepas oleh tumbuh-tumbuhan yang membusuk atau proses biologis bakteri anaerobik yang membuat zat besi dalam tanah berkurang. "

Baca juga: Bagai Pesulap, Paus Bungkuk Tertangkap Buat Pelangi

Jeff menjelaskan bahwa air perlu waktu lama agar warna pelangi itu bisa muncul.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Pergerakan yang disebabkan arus kolam, gangguan arus atau angin akan membuat lapisan tipis pelangi berpendar," katanya.

Dia menambahkan biasanya dirinya melihat fenomena kolam berwarna pelangi itu di area yang tidak begitu luas.

Seorang pensiunan insinyur Michael Hussey juga membagikan foto kolam pelangi ini bagian lain di Florida yaitu di kawasan bernama Tallahassee.

Michael mengatakan dia memperhatikan permukaan rawa di lahan sempit pekarangan rumahnya, setiap hari permukaan airnya menunjukkan warna-warna yang berbeda.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.