Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/11/2018, 18:02 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Editor

KOMPAS.com - Seorang pria mengunggah foto genangan rawa yang permukaannya memunculkan warna pelangi di sebuah taman nasional di Virginia, AS.

Brent Rossen mengunggah foto genangan rawa yang diabadikan oleh kekasihnya di situs Reddit dan disukai oleh lebih dari 120.000 orang dalam 24 jam.

"Pekan lalu saya dan kekasih saya berjalan-jalan ke hutan, lalu untuk pertama kalinya saya melihat sebuah kolam yang permukaan airnya memancarkan warna pelangi," tulisnya dalam unggahannya.

Sepasang kekasih itu tengah berjalan-jalan di taman hutan First Landing State Park, Virginia, AS, ketika mereka melihat fenomena alam yang tidak biasa.

Jeff Ripple, mantan pemandu wisata Florida, mengatakan kepada BBC, "Kilau pelangi yang memancar adalah lapisan tipis yang berkumpul di permukaan air dan dihasilkan dari minyak alami yang dilepas oleh tumbuh-tumbuhan yang membusuk atau proses biologis bakteri anaerobik yang membuat zat besi dalam tanah berkurang. "

Baca juga: Bagai Pesulap, Paus Bungkuk Tertangkap Buat Pelangi

Jeff menjelaskan bahwa air perlu waktu lama agar warna pelangi itu bisa muncul.

"Pergerakan yang disebabkan arus kolam, gangguan arus atau angin akan membuat lapisan tipis pelangi berpendar," katanya.

Dia menambahkan biasanya dirinya melihat fenomena kolam berwarna pelangi itu di area yang tidak begitu luas.

Seorang pensiunan insinyur Michael Hussey juga membagikan foto kolam pelangi ini bagian lain di Florida yaitu di kawasan bernama Tallahassee.

Michael mengatakan dia memperhatikan permukaan rawa di lahan sempit pekarangan rumahnya, setiap hari permukaan airnya menunjukkan warna-warna yang berbeda.

"Warna-warna yang ada di permukaan rawa menjadi lebih jelas jika hujan tidak turun selama beberapa minggu," ujarnya.

Michael mengungkapkan, dia melihat perubahan warna rawa itu setiap tiga atau empat tahun, pada pertengahan Februari.

"Saya sudah melihat kejadian ini kira-kira 10 kali selama 40 tahun saya tinggal di sini," katanya. "Sangat indah untuk dilihat."

Warna Pastel

Pemandu wisata lainnya dari Florida, Sandra Friend menulis blog tentang pengalamannya, "Selama bertahun-tahun, saya melihat fenomena ini di rawa-rawa di sepanjang jalur di Florida, serta sedikit efek pelangi pudar di atas air."

"Saya akhirnya menemukan efek pelangi di atas rawa berwarna pastel di semua kemegahannya," sambungnya.

Beberapa foto lain dari fenomena tersebut dapat dilihat dengan menggunakan tagar #rainbowswamp di Instagram.

Baca juga: Pelangi di Langit Taiwan Berlangsung 9 Jam, Kok Bisa?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com