Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahli Temukan 35 Gen yang Sebabkan Penyakit Ginjal Kronis

Kompas.com - 27/11/2018, 19:35 WIB
Bhakti Satrio Wicaksono,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

Sumber Eurekalert

KOMPAS.com – Sebuah studi internasional yang dipimpin oleh para ilmuwan dari Universitas Manchester telah menemukan gen yang dapat menyebabkan penyakit ginjal kronis.

Penemuan ini merupakan kemajuan besar mengingat faktor gen kurang mendapat perhatian sebagai salah satu penyebab penyakit ginjal kronis. Padahal, jika dibiarkan tanpa terdeteksi, gen tersebut dapat menyebabkan gagal ginjal yang memerlukan tindakan lebih lanjut seperti transplantasi ginjal.

Berdasarkan studi yang diterbitkan pada jurnal Natural Communications ini, setidaknya ada 35 gen yang mempengaruhi 1 dari 10 orang dewasa untuk menderita penyakit ginjal kronis. Dari 35 gen yang mampu menyebabkan penyakit ginjal kronis, satu yang menarik adalah -Mucin-1-.

"Ini membuat protein lengket yang disebut musin yang melapisi saluran kemih di dalam ginjal. Mutasi gen ini telah ditemukan pada keluarga dengan kegagalan ginjal yang diwariskan," jelas Adrian Woolf salah satu peneliti yang juga sebagai konsultan dalam Royal Manchester Children's Hospital seperti yang dikutip dari Eurekalert Rabu (21/11/2018).

Baca juga: Bagaimana Jengkol Bisa Menyebabkan Gagal Ginjal?

Temuan ini muncul setelah para peneliti menerapkan teknologi RNA-seq generasi terbaru pada salah satu koleksi ginjal manusia terbesar yang pernah ada.

Profesor Maciej Tomaszewski, selaku peneliti utama dalam studi ini mengungkapkan bahwa temuan ini bisa menjadi metode baru dalam diagnostis penyakit ginjal kronis.

"Pengetahuan kami yang terbatas tentang mekanisme genetik pastinya menjelaskan mengapa kemajuan dalam pengembangan tes diagnostik baru dan perawatan penyakit ginjal kronis telah sangat lambat,” jelas Tomaszewski.

“Kami berharap agar beberapa gen ginjal yang kami temukan dapat menjadi target yang menarik untuk pengembangan diagnosis dan pengobatan masa depan untuk pasien dengan penyakit ginjal kronis,” imbuh Tomaszewski.

Senada dengan Tomaszewski, Profesor Fadi Charchar dari Federation University Australia berharap agar prediksi awal dengan pengujian genetis menjadi garis pertahanan pertama dalam melawan penyakit ginjal yang nota-bene menjadi salah satu pembunuh utama dunia.

"Deteksi dini diikuti dengan pengobatan pelindung ginjal atau penghindaran obat yang dapat merusak ginjal adalah kunci untuk ginjal yang lebih sehat di kemudian hari," jelas Charchar.

Temuan penelitian ini sangat penting karena membawa masyarakat dunia selangkah lebih dekat dalam memahami, mendiagnosis sebelum terjadi dan mencegah penyakit ginjal.

Dengan adanya temuan ini, anggapan masyarakat yang memandang bahwa penyakit ginjal hanya terjadi akibat dari pola hidup yang tidak sehat seperti merokok, begadang, dan pola makan yang tidak sehat juga bisa terpatahkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Eurekalert
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com