Kompas.com - 22/11/2018, 20:01 WIB
Ilustrasi tidur bersama anjing Ilustrasi tidur bersama anjing


KOMPAS.com - Saat kita berbagi kamar atau ranjang dengan orang lain, termasuk pasangan atau anak-anak, ahli mengatakan ada dampak kesehatan dan kualitas tidur yang buruk. Lantas, bagaimana jika kita berbagi tempat tidur dengan hewan peliharaan, misalnya anjing?

Hal ini mungkin tidak pernah terlintas dalam pikiran kita. Mungkin, pemilik juga tidak pernah merasa terganggu jika tidur bersama hewan kesayangannya.

Namun, sebuah studi yang dilakukan Bradley Smith dari Central Queensland University mengungkap hal lain. Smith menemukan bahwa tidur bersama anjing membuat tidur jauh lebih terganggu.

Ini karena anjing sering kali membangunkan pemiliknya di tengah malam. Terlebih, siklus tidur anjing sangat berbeda dengan manusia.

Baca juga: Haruskah Kita Bicara Manis pada Anjing, Seolah Mereka Bayi?

Dalam penelitiannya, Smith melibatkan lima anjing beserta pemilik yang semuanya perempuan.

Saat tidur malam, anjing-anjing ini suka membangunkan pemiliknya untuk buang air atau hal lain.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski demikian, para pemilik mengaku sama sekali tidak terganggu. Mereka justru merasa mendapat banyak manfaat ketika tidur dengan anjingnya.

"Mereka (pemilik) merasa aman dan mendapat perlindungan, juga sangat menikmati kedekatan dan kehangatan anjing," kata Smith kepada IFL Science, dilansir Selasa (20/11/2018).

Semua peserta menilai kualitas tidur mereka sangat baik. Dalam monitor pemantauan, terlihat para peserta dapat kembali tidur dengan cepat setelah terbangun.

Selain itu, Smith mencatat bahwa pemilik anjing merasa lebih terganggu bila anjing tidak tidur bersama mereka.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.