Sering Dipakai "Mandi", Peneliti Ungkap Rahasia pada Lidah Kucing - Kompas.com

Sering Dipakai "Mandi", Peneliti Ungkap Rahasia pada Lidah Kucing

Kompas.com - 21/11/2018, 18:02 WIB
IlustrasiGoogle Image Ilustrasi

WASHINGTON, KOMPAS.com - Pernahkah Anda melihat bagaimana kucing membersihkan diri? Ya, mereka menggunakan lidahnya untuk "mandi".

Kucing menjilati beberapa bagian tubuhnya untuk membersihkan diri. Tapi, pertanyaan besarnya, bagaimana hal tersebut membuat mereka bersih?

Penasaran terhadap hal tersebut para peneliti Amerika Serikat mencoba menjawabnya. Berbekal kamera video berkecepatan tinggi, mereka mencoba mengungkap rahasia lidah kucing itu.

Mereka menemukan bahwa lidah kucing mengandung 300 buah duri berbentuk sendok kecil yang disebut filiform papilae yang dilapisi dengan air liur untuk membersihkan bulu.

Temuan ini kemudian dipublikasikan dalam jurnal Proceeding National Academy of Sciences pada Senin (19/11/2018).

Hingga sekarang, para peneliti meyakini bahwa papilae tersebut berbentuk kerucut dan seperti cakar kecil.

Baca juga: Ini yang Terjadi Kala Kucing Purba Bertaring Pedang Sakit Gigi

Tapi ternyata, dalam temuan terbaru, struktur itu terbuat dari keratin seperti cekungan berbentuk U di ujungnya. Bentuk tersebut memudahkan kucing dengan lidahnya menyeka air liur dari mulut dan memindahkannya ke bulu dan kulit.

"Kelihatannya seperti setengah pipa," ungkap Alexis Noel, co-author penelitian ini dikutip dari AFP, Selasa (20/11/2018).

"Ini sangat mirip sedotan kopi ketika kita memasukkan sedotan ke dalam cairan, air benar-benar naik ke permukaan rongga kecil ini," imbuh peneliti dari Georgia Tech Research Institute.

Dengan begitu, menurut Noel kucing membersihkan diri dengan cara mengambil cairan dari "duri" ini dan menembusnya jauh ke dalam bulu hingga kulit.

Distribusi air liur inilah yang membersihkan bulu kucing secara keseluruhan.

Temuan ini didapatkan peneliti setelah mengamati enam jenis kucing, termasuk kucing domestik, harimau, dan singa.

Peneliti juga membedah lidah kucing mati. Tak hanya itu, mereka merekam video berkecepatan tinggi saat lidah kucing beraksi.

Seperti yang banyak diketahui, kucing menghabiskan sekitar seperempat hidupnya untuk membersihkan diri. Menjaga bulu tetap bersih membantu kucing menghilangkan kutu, kotoran, dan kelebihan panas.

Para peneliti juga menemukan bahwa lidah kucing berfungsi seperti sikat rambut yang futuristik.

"Ini bisa sangat membantu dalam perkembangan teknologi pembersih karpet, sehingga pendistribusian cairan pembersih jauh lebih mudah masuk ke dalam karpet," kata Noel.

Baca juga: Tak Seperti di Kartun, Anjing dan Kucing Bukan Musuh Bebuyutan



Close Ads X