Indonesia Krisis Alam Liar, Kitalah Penyebabnya dan Solusinya

Kompas.com - 17/11/2018, 18:06 WIB
Aktivitas manusia yang berlebihan secara nyata memberi pengaruh pada kondisi alam Bhakti Satrio WicaksonoAktivitas manusia yang berlebihan secara nyata memberi pengaruh pada kondisi alam

KOMPAS.com – Manusia adalah bagian dari alam. Sejatinya, manusia perlu turut serta menjaga kelestarian alam. Sayangnya, fakta yang terjadi tidak demikian.

Menurut Living Planet Report 2018 yang dirilis oleh WWF, secara global telah terjadi penurunan dalam jumlah populasi mamalia, burung, ikan, reptil, dan amfibi sebesar 60 persen dalam 40 tahun terakhir.

Faktor utama yang menyebabkan ini terjadi adalah pola konsumtif manusia yang menguras kelestarian alam.

Sampai saat ini, pemanfaatan alam, menurut Thomas Barano, seorang Conservation Scientist dari WWF Indonesia, masih tidak ramah. Dampak yang secara dekat dapat dilihat adalah kondisi sungai di Jakarta yang hanya dapat ditinggali oleh ikan-ikan yang toleran terhadap polusi, seperti sapu-sapu.