Kompas.com - 06/11/2018, 19:02 WIB
Ilustrasi tidur RidofranzIlustrasi tidur

KOMPAS.com - Tak jarang kita mengandalkan alarm agar bisa bangun pagi. Namun, akan sangat menyebalkan bila kita sudah bangun sebelum alarm berbunyi.

Hal ini tak hanya dialami Anda. Mungkin, sebagian besar manusia juga pernah mengalaminya.

Dari sini kemudian muncul pertanyaan menarik. Mengapa kita bisa bangun tak lama sebelum alarm berbunyi?

Tanpa kita sadari, sebenarnya manusia memiliki jam alami dalam tubuh yang membuat kita terjaga dan tidur.

Baca juga: Kehebatan Ibu, Suaranya Lebih Ampuh Dibanding Alarm Kebakaran

Dilansir Live Science, Sabtu (3/11/2018), selama berabad-abad manusia telah mengembangkan teknologi yang berhubungan dengan penunjuk waktu.

Mulai dari bangsa Yunani dan Mesir Kuno yang membuat jam matahari. Saat itu, mereka menandai waktu dengan menggunakan bayangan tiang yang bergerak mengikuti arah matahari.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sekitar 1500 SM, teknologi penunjuk waktu semakin berkembang. Manusia membuat jam dari pasir, air, dan lampu minyak. Di mana perhitungan waktu mengkalibrasi pergerakan pasir, air, dan minyak tersebut.

Dari penemuan jam awal ini, kemudian muncul upaya untuk menciptakan alarm, misalnya jam lilin. Alat-alat sederhana yang diciptakan bangsa China kuno itu tertanam dengan paku yang terlepas saat lilin meleleh.

Paku tersebut akan bergemerincing ke nampan logam di waktu yang telah ditentukan sebelumnya. Sayangnya, alat tersebut tidak bisa diprediksi dan kurang bisa diandalkan.

Hingga penemuan alarm lebih canggih ditemukan, manusia harus bergantung pada ketepatan waktu yang lain, yakni jam internal tubuh kita sendiri.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.