Gara-gara Anime, Soal Matematika Berumur 25 Tahun Berhasil Dipecahkan

Kompas.com - 04/11/2018, 18:33 WIB
Matematika penuh teka-teki. Seorang remaja ber-IQ 162 membuat buku yang memuat fakta unik matematika. Matematika penuh teka-teki. Seorang remaja ber-IQ 162 membuat buku yang memuat fakta unik matematika.

KOMPAS.com - Belum lama ini seorang penggemar anime yang tak diketahui namanya mendadak terkenal karena telah membantu para matematikawan menyelesaikan soal paling rumit yang tidak bisa dipecahkan selama 25 tahun.

Kisah ini bermula ketika seorang penggemar anime lainnya bertanya di forum 4chan mengenai cara menonton setiap urutan The Melancholy of Haruhi Suzumiya sesingkat mungkin.

The Melancholy of Haruhi Suzumiya merupakan kisah perjalanan waktu yang disebut menantang oleh penggemar Anime. Pasalnya, ketika ditayangkan di televisi, anime ini diputar secara acak dan tidak sesuai dengan urutan kronologisnya.

Baca juga: Soal Matematika SD China Tersebar, Bisakah Anda Menjawabnya?

Baru ketika versi DVD-nya dirilis, ke-14 episode disusun dalam tatanan baru dan para penggemarnya mulai berdebat tentang cara terbaik menonton serial tersebut selama beberapa waktu.

Nah, seorang penggemar Haruhi - sebut saja A - bertanya pada laman 4chan bagaimana cara menonton Haruhi yang paling efisien.

"Jika Anda ingin menonton ke-14 episode anime The Melancholy of Haruhi Suzumiya dalam setiap urutan yang mungkin, bagaimana rangkaian episode terpendek yang harus ditonton," tanya penggemar A seperti dilansir Comicbook, Sabtu (27/10/2018).

Penggemar Haruhi yang lain - sebut saja B - akhirnya membantu menjawab pertanyaan itu. Dia mengklaim telah menemukan batas bawah kemungkinan urutan dengan rumus tertentu.

Dari situ, pakar matematika menemukan titik terang untuk memecahkan soal permutasi yang usianya sudah seperempat abad.

Rumus yang digunakan penggemar B dapat disimak dalam link ini.

Dalam matematika, permutasi berkaitan dengan urutan serangkaian angka. Jika permutasi dimasukkan ke serial Haruhi, maka permutasi adalah satu cara untuk menonton semua episode Haruhi. Sementara kata "super" yang melekat padanya merujuk pada semua susunan.

Misalnya, permutasi dari bilangan asli kurang dari 4 adalah 123 atau 312.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X