Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/10/2018, 08:39 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

KOMPAS.com — Soal Matematika siswa sekolah dasar (SD) di China menyebar lewat pesan-pesan di Whatsapp dan diterima redaksi Kompas.com.

Soal itu tampak sederhana, tak ada penjelasan rumit yang menyertainya, tetapi banyak orang gagal menjawab dan menguraikan logika jawabannya.

Dalam soal itu, digambarkan dua meja dengan kucing dan kura-kura. Jumlah tinggi meja dan kucing diketahui, begitu juga dengan total tinggi meja dan kura-kura.

Pertanyaannya, siswa diminta menghitung tinggi mejanya saja. Coba Anda hitung? Bisakah?

Ahli Matematika dari Institut Teknologi Bandung sekaligus pengelola komunitas Anak Bertanya, Hendra Gunawan, ketika dihubungi Kompas.com, Kamis (18/10/2018), sambil tertawa mengatakan, "Itu soal aljabar saja."

Baca Juga: Perdebatan soal Angka 4 dalam Perkalian, 6 x 4 atau 4 x 6?

Misal tinggi kucing adalah K, tinggi kura-kura adalah k, dan tinggi meja adalah M. Maka, Hendra menguraikan, "K+M-k= 170 dan k+M-K= 130. Jumlahkan 2M = 300. Jadi M atau tinggi meja adalah 150. Satuannya cm tentunya."

Sekarang, bisakah Anda selesaikan soal ini?

Floyd adalah seorang musisi. Dia mendapatkan nilai kontrak rekaman sebesar 200 dollar AS per bulan dan tambahan 12 dollar AS per kopi yang terjual. Bulan lalu, dia mendapatkan uang 644 dollar AS. Berapa kopi yang berhasil dijual Llyod?

Baca juga: Matematika di Balik Kemacetan Tanpa Alasan yang Sering Anda Alami

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com